ADVERSITY QUOTIENT SEBAGAI FONDASI KETANGGUHAN MAHASISWA: TINJAUAN LITERATUR DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DAN PENDEKATAN MULTIDISIPLIN

Authors

  • Ama Farida Sari universitas slamet riyadi surakarta
  • Gunarhadi Gunarhadi Universitas Sebelas Maret
  • Arum Ambarsari Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Sartika Sri Rahayu Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.33061/jgz.v13i2.11751

Abstract

Ketangguhan mahasiswa merupakan kemampuan penting untuk menghadapi tantangan akademik maupun sosial terutama di era globalisasi saat ini. Adversity Quotient (AQ) dapat berkontribusi sebagai kunci pada pengembangan daya juang dan resiliensi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran AQ dalam membangun ketangguhan mahasiswa dalam kajian literatur multidisiplin yang mencakup PPKn, psikologi, manajemen dan bahasa. Kajian dilakukan dengan metode systematic literature review terhadap berbagai penelitian terkini. Hasil kajian menunjukkan bahwa AQ mendukung internalisasi nilai-nilai Pancasila, pengelolaan stress, pengembangan keterampilan kepemimpinan dan peningkatan kepercayaan diri dalam berkomunikasi. AQ juga berperan sebagai kerangka strategis dalam merancang pembelajaran holistik dalam pendidikan tinggi. Penguatan AQ pada mahasiswa dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan daya saing dalam berbagai bidang kehidupan.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Sari, A. F., Gunarhadi, G., Ambarsari, A., & Rahayu, S. S. (2024). ADVERSITY QUOTIENT SEBAGAI FONDASI KETANGGUHAN MAHASISWA: TINJAUAN LITERATUR DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DAN PENDEKATAN MULTIDISIPLIN. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 13(2), 121–126. https://doi.org/10.33061/jgz.v13i2.11751