PELATIHAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN LITERASI AWAL PADA GURU TAMAN KANAK-KANAK AISYAH CEKEL KARANGTURI KARANGANYAR
DOI:
https://doi.org/10.33061/awpm.v5i1.4546Abstrak
Abstrak Pendidikan saat ini mengalami dinamika perubahan sehingga menuntut setiap individu untuk mampu berkompetisi. Tentunya hal ini menjadikan sekolah dan keluarga lebih peka akan pemberian pengetahuan kepada anak. Saat ini kemampuan literasi awal pada anak telah diupayakan untuk mendapat perhatian. Hal ini dikarenakan kemampuan literasi awal merupakan salah satu indikator siap atau tidaknya anak melanjutkan jenjang pendidikan berikutnya. Namun dilapangan para guru di TK Aisyah Cekel Karanganyar masih belum memahami literasi awal. Dengan demikian guru perlu memiliki pemahaman pembelajaran literasi awal. Tujuan yang dicapai dari program pengabdian ini yaitu pelatihan pengembangan pembelajaran literasi awal pada anak. Metode pelaksanaan yang dilakukan melalui metode pendekatan partisipatif, penyadaran, pembelajaran (teori dan praktek) dan reflektif. Adapun mekanisme pelaksanaan pengabdian meliputi persiapan, pelaksanaan pelatihan mencakup penyajian materi, evaluasi kegiatan, refleksi dan penutupan kegiatan. Berdasarkan hasil evaluasi dan refleksi diperoleh adanya perubahan secara signifikan dan peningkatan akan pemahaman para guru terhadap pembelajaran literasi awal pada anak. Kata kunci: Literasi, anak usia dini, GuruUnduhan
Referensi
Beane, James A., et al. 1986. Curriculum Planning and Development. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
Beauchamp, George A. 1975. Curriculum Theory. Wilmettee, Illinois: The KAGG Press
Brameld, Theodore. 1957. Cultural Foundations of Education. New York: Harver & Brothers.
Bullough Jr. Robert, et all. 1984. Human Interest in Curriculum. New York: Teachers College Press.
Cruickshank, Donald R. et al. 1980. Teaching is Tough. Englewood Cliff, New Jersey: Prentice Hall Inc.
Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak usia dini. 2011. Petunjuk teknis Orientasi teknis peningkatan pemahaman program penguatan PAUD berbasis keluarga (Parenting). Kementrian pendidikan nasional.
Giroux, Henry A. 1988. Teacher as Intellectuals. New York: Bergin & Garvey.
Hurlock, Elizabeth B. 1995. Perkembangan anak jilid 1 dan 2. Jakarta : Penerbit Erlangga. Terjemahan, Editor Agus Dharma. Judul asli: Child evelopment
Kharizmi, Muhammad. 2015. Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. JUPENDAS, ISSN 2355-3650. Vol. 2, No. 2. http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupa/article/view/452/0 diunduh tanggal 10 Januari 2020
Nurani Sujiono, Yuliani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks
Pancarran, Berlian, dkk. 2017. Peran Literasi Orang Tua Dalam Perkembangan Anak. Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi ISSN: 2579-3802. Vol. 1, No. 2. http://journal2.um.ac.id/index.php/bibliotika/article/view/2303 diunduh pada tanggal 10 Januari 2020
Ruhaena, Lisnawati. 2015. Model Multisensori: Solusi Stimulasi Literasi Anak Prasekolah. Jurnal Psikologi UGM. Vol. 42, No. 1. https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/6942 diunduh tanggal 10 Januari 2020
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.