PELATIHAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN LITERASI AWAL PADA GURU TAMAN KANAK-KANAK AISYAH CEKEL KARANGTURI KARANGANYAR

Authors

  • Yetty Isna Wahyuseptiana Universitas Slamet Riyadi
  • Sidik Nuryanto

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v5i1.4546

Abstract

Abstrak Pendidikan saat ini mengalami dinamika perubahan sehingga menuntut setiap individu untuk mampu berkompetisi. Tentunya hal ini menjadikan sekolah dan keluarga lebih peka akan pemberian pengetahuan kepada anak. Saat ini kemampuan literasi awal pada anak telah diupayakan untuk mendapat perhatian. Hal ini dikarenakan kemampuan literasi awal merupakan salah satu indikator siap atau tidaknya anak melanjutkan jenjang pendidikan berikutnya. Namun dilapangan para guru di TK Aisyah Cekel Karanganyar masih belum memahami literasi awal. Dengan demikian guru perlu memiliki pemahaman pembelajaran literasi awal. Tujuan yang dicapai dari program pengabdian ini yaitu pelatihan pengembangan pembelajaran literasi awal pada anak. Metode pelaksanaan yang dilakukan melalui metode pendekatan partisipatif, penyadaran, pembelajaran (teori dan praktek) dan reflektif. Adapun mekanisme pelaksanaan pengabdian meliputi persiapan, pelaksanaan pelatihan mencakup penyajian materi, evaluasi kegiatan, refleksi dan penutupan kegiatan. Berdasarkan hasil evaluasi dan refleksi diperoleh adanya perubahan secara signifikan dan peningkatan akan pemahaman para guru terhadap pembelajaran literasi awal pada anak. Kata kunci: Literasi, anak usia dini, Guru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Beane, James A., et al. 1986. Curriculum Planning and Development. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Beauchamp, George A. 1975. Curriculum Theory. Wilmettee, Illinois: The KAGG Press

Brameld, Theodore. 1957. Cultural Foundations of Education. New York: Harver & Brothers.

Bullough Jr. Robert, et all. 1984. Human Interest in Curriculum. New York: Teachers College Press.

Cruickshank, Donald R. et al. 1980. Teaching is Tough. Englewood Cliff, New Jersey: Prentice Hall Inc.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak usia dini. 2011. Petunjuk teknis Orientasi teknis peningkatan pemahaman program penguatan PAUD berbasis keluarga (Parenting). Kementrian pendidikan nasional.

Giroux, Henry A. 1988. Teacher as Intellectuals. New York: Bergin & Garvey.

Hurlock, Elizabeth B. 1995. Perkembangan anak jilid 1 dan 2. Jakarta : Penerbit Erlangga. Terjemahan, Editor Agus Dharma. Judul asli: Child evelopment

Kharizmi, Muhammad. 2015. Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. JUPENDAS, ISSN 2355-3650. Vol. 2, No. 2. http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupa/article/view/452/0 diunduh tanggal 10 Januari 2020

Nurani Sujiono, Yuliani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

Pancarran, Berlian, dkk. 2017. Peran Literasi Orang Tua Dalam Perkembangan Anak. Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi ISSN: 2579-3802. Vol. 1, No. 2. http://journal2.um.ac.id/index.php/bibliotika/article/view/2303 diunduh pada tanggal 10 Januari 2020

Ruhaena, Lisnawati. 2015. Model Multisensori: Solusi Stimulasi Literasi Anak Prasekolah. Jurnal Psikologi UGM. Vol. 42, No. 1. https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/6942 diunduh tanggal 10 Januari 2020

Published

2021-04-01

How to Cite

Wahyuseptiana, Y. I., & Nuryanto, S. (2021). PELATIHAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN LITERASI AWAL PADA GURU TAMAN KANAK-KANAK AISYAH CEKEL KARANGTURI KARANGANYAR. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 11–20. https://doi.org/10.33061/awpm.v5i1.4546

Issue

Section

Artikel