MEMBERIKAN PEMAHAMAN TENTANG MEMBACA MENULIS BERHITUNG (CALISTUNG) KEPADA ORANG TUA UNTUK ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.33061/awpm.v4i2.4096Abstrak
Membaca menulis berhitung merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki anak dan sangat penting dalam keberhasilan pendidikan dan perkembangan hidupnya. Jika kemampuan anak terhadap kemmapuan dasar tersebut cukup baik, maka kemampuan literasi sebagai penunjang keberhasilan dalam pendidikan maupun pekerjaan akan mudah tercapai. Namun sistem pendidikan dan capaian pembelajaran di PAUD dan SD sangat berbeda. Hal ini yang menyebabkan perbedaan persepsi antara pendidik dan orang tua dalam memandang pembelajaran calistung pada anak usia dini. Tujuan pengebdian ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang karakteristik perkembnagan anak sesuai usia dan kebutuhannya. Metode yang digunakn dalam kegiatan ini adalah melakukan analisis awal tentang terkait pemahaman orang tua dalam pendidikan anaknya, melakukan persiapan dan melaksanakan pengabdian dan pendampingan setelah dilakukan sosialisasi dan materi pengabdian. Hasilnya ada peningkatan pemahanan sebesar 50% dari pre test dan post test. Data dikumpulkan berdasarkan tes (pre tes dan posttest), wawancara , pengamatan dan dokumen hasil pekembangan anak.
Unduhan
Referensi
Ana Ancheta Arrabal, ‘Compulsory Preschool in Latin America: Comparative Evolution and Future Challenges’, Intech, i.tourism (2016), 13
Asiah, Nur, ‘Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini Dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar Di Bandar Lampung’, Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5.1 (2018), 19
Cooper, Patricia M., ‘Literacy Learning and Pedagogical Purpose in Vivian Paley’s “storytelling Curriculum’’â€â€™, Journal of Early Childhood Literacy, 5.3 (2005), 229–51
Crawford, Patricia A., ‘Early Literacy: Emerging Perspectives’, Journal of Research in Childhood Education, 10.1 (1995), 71–86
Feri Faila Sufa, M HeryYuli Setiawan, ‘Optimalisasi Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Potensi Paud , Adiwidya, II.2 (2018), 178–84
Husnaini, Nani, ‘Identifikasi Pola Pengenalan Literasi Pada Anak Usia Dini Di Kota Mataram, Jurntaral Pendidikan Anak, 7.1 (2018), 30–40
Jung, Youngok, Stephen Zuniga, Carollee Howes, Hyun Joo Jeon, Deborah Parrish, Heather Quick, and others, ‘Improving Latino Children’s Early Language and Literacy Development: Key Features of Early Childhood Education within Family Literacy Programmes’, Early Child Development and Care, 186.6 (2016), 845–62
Lee, Joon Sun, and Herbert P. Ginsburg, ‘Preschool Teachers’ Beliefs about Appropriate Early Literacy and Mathematics Education for Low- And Middle-Socioeconomic Status Children’, Early Education and Development, 18.1 (2007), 111–43
Murris, Karin, ‘Philosophy with Children as Part of the Solution to the Early Literacy Education Crisis in South Africa’, European Early Childhood Education Research Journal, 24.5 (2016), 652–67
Nasir, A, ‘Anak Usia Dini ( Telaah Konsep Development Approriate Practice )’, Thufula, 6.No.2 (2018), 321–43
Sugiono, S, and Kuntjojo K, ‘Pengembangan Model Permainan Pra-Calistung Anak Usia Dini’, JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10.2 (2016), 255–76
Sutton-Smith, Brian, Jerome Bruner, Alison Jolly, Kathy Sylva, Richard Schechner, and Mady Shuman, ‘Play: Its Role in Development and Evolution’, Journal of Aesthetic Education, 12.3 (1978), 126
Widayati, Sri, ‘Pengembangan Kemampuan Membaca Menulis Dan Berhitung ( Calistung ) Melalui Pendekatan Beyond Center And Circle Time ( Bcct ) Pada Siswa Tk Negeri Pembina Boyolali’, 2014
Winitri, Rizki, and Yuliani Nurani, ‘Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Perbedaan Hasil Belajar Matematika Anak Usia 6-7 Tahun Ditinjau Dari Pemahaman Guru Abstrak’, 4.2 (2020), 491–501
Wulansuci, Ghinta, and Euis 2019 Kurniati, ‘Pembelajaran Calistung ( Membaca , Menulis , Berhitung) Dengan Resiko Terjadinya Stress Akademik Pada Anak Usia Dini’, Jurnal Tunas Siliwangi, 5.1 (2019)
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.