MEMBERIKAN PEMAHAMAN TENTANG MEMBACA MENULIS BERHITUNG (CALISTUNG) KEPADA ORANG TUA UNTUK ANAK USIA DINI

Authors

  • Feri Faila Sufa Slamet Riyadi University
  • M Hery Yuli Setiawan Slamet Riyadi University
  • M Hery Yuli Setiawan Slamet Riyadi University

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v4i2.4096

Abstract

Membaca menulis berhitung merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki anak dan sangat penting dalam keberhasilan pendidikan dan perkembangan hidupnya. Jika kemampuan anak terhadap kemmapuan dasar tersebut cukup baik, maka kemampuan literasi sebagai penunjang keberhasilan dalam pendidikan maupun pekerjaan akan mudah tercapai. Namun sistem pendidikan dan capaian pembelajaran di PAUD dan SD sangat berbeda. Hal ini yang menyebabkan perbedaan persepsi antara pendidik dan orang tua dalam memandang pembelajaran calistung pada anak usia dini. Tujuan pengebdian ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang karakteristik perkembnagan  anak sesuai usia dan kebutuhannya.  Metode yang digunakn dalam kegiatan ini adalah melakukan analisis awal tentang terkait pemahaman orang tua dalam pendidikan anaknya, melakukan persiapan dan melaksanakan pengabdian dan pendampingan setelah dilakukan sosialisasi dan materi pengabdian. Hasilnya ada peningkatan pemahanan sebesar 50% dari pre test dan post test. Data dikumpulkan berdasarkan tes (pre tes dan posttest), wawancara ,  pengamatan dan dokumen hasil pekembangan anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ana Ancheta Arrabal, ‘Compulsory Preschool in Latin America: Comparative Evolution and Future Challenges’, Intech, i.tourism (2016), 13

Asiah, Nur, ‘Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini Dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar Di Bandar Lampung’, Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5.1 (2018), 19

Cooper, Patricia M., ‘Literacy Learning and Pedagogical Purpose in Vivian Paley’s “storytelling Curriculum’’â€â€™, Journal of Early Childhood Literacy, 5.3 (2005), 229–51

Crawford, Patricia A., ‘Early Literacy: Emerging Perspectives’, Journal of Research in Childhood Education, 10.1 (1995), 71–86

Feri Faila Sufa, M HeryYuli Setiawan, ‘Optimalisasi Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Potensi Paud , Adiwidya, II.2 (2018), 178–84

Husnaini, Nani, ‘Identifikasi Pola Pengenalan Literasi Pada Anak Usia Dini Di Kota Mataram, Jurntaral Pendidikan Anak, 7.1 (2018), 30–40

Jung, Youngok, Stephen Zuniga, Carollee Howes, Hyun Joo Jeon, Deborah Parrish, Heather Quick, and others, ‘Improving Latino Children’s Early Language and Literacy Development: Key Features of Early Childhood Education within Family Literacy Programmes’, Early Child Development and Care, 186.6 (2016), 845–62

Lee, Joon Sun, and Herbert P. Ginsburg, ‘Preschool Teachers’ Beliefs about Appropriate Early Literacy and Mathematics Education for Low- And Middle-Socioeconomic Status Children’, Early Education and Development, 18.1 (2007), 111–43

Murris, Karin, ‘Philosophy with Children as Part of the Solution to the Early Literacy Education Crisis in South Africa’, European Early Childhood Education Research Journal, 24.5 (2016), 652–67

Nasir, A, ‘Anak Usia Dini ( Telaah Konsep Development Approriate Practice )’, Thufula, 6.No.2 (2018), 321–43

Sugiono, S, and Kuntjojo K, ‘Pengembangan Model Permainan Pra-Calistung Anak Usia Dini’, JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10.2 (2016), 255–76

Sutton-Smith, Brian, Jerome Bruner, Alison Jolly, Kathy Sylva, Richard Schechner, and Mady Shuman, ‘Play: Its Role in Development and Evolution’, Journal of Aesthetic Education, 12.3 (1978), 126

Widayati, Sri, ‘Pengembangan Kemampuan Membaca Menulis Dan Berhitung ( Calistung ) Melalui Pendekatan Beyond Center And Circle Time ( Bcct ) Pada Siswa Tk Negeri Pembina Boyolali’, 2014

Winitri, Rizki, and Yuliani Nurani, ‘Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Perbedaan Hasil Belajar Matematika Anak Usia 6-7 Tahun Ditinjau Dari Pemahaman Guru Abstrak’, 4.2 (2020), 491–501

Wulansuci, Ghinta, and Euis 2019 Kurniati, ‘Pembelajaran Calistung ( Membaca , Menulis , Berhitung) Dengan Resiko Terjadinya Stress Akademik Pada Anak Usia Dini’, Jurnal Tunas Siliwangi, 5.1 (2019)

Published

2020-11-02

How to Cite

Sufa, F. F., Setiawan, M. H. Y., & Setiawan, M. H. Y. (2020). MEMBERIKAN PEMAHAMAN TENTANG MEMBACA MENULIS BERHITUNG (CALISTUNG) KEPADA ORANG TUA UNTUK ANAK USIA DINI. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 83–89. https://doi.org/10.33061/awpm.v4i2.4096

Issue

Section

Artikel