OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL DALAM PROMOSI OBYEK WISATA DI DESA SIDOWAYAH KECAMATAN POLANHARJO KABUPATEN KLATEN

Authors

  • Buddy Riyanto

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v3i1.3165

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh maraknya usaha wisata yang diinisiasi oleh masyarakat di berbagai wilayah Indonesia, termasuk di desa Sidowayah, kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten yang memilki potensi wisata alam. Namun dalam perjalananya, upaya mempertahankan eksistensi dan pemasarannya justru menjadi beban tersendiri. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial dalam promosi wisata. Metode yang digunakan adalah melaksanakan focus group discussion yang diikuti para penggiat wisata desa dan pemangku kepentingan untuk mengidentifikasi permasalahan serta menemukan alternatif solusi. Kesimpulannya adalah bahwa promosi melalui media sosial sudah dilakukan dengan baik oleh penggiat wisata, namun lebih efektif jika yang melakukan adalah para wisatawan yang puas menyebarluaskan pengalaman mereka dalam wisata di desa Sidowayah.
Kata kunci: media sosial, promosi wisata, Sidowayah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Obeid, Azam A.,2015, Social Media Impact on Arab Spring, a Comparasion Study between Four Middle Eastern Countries, ProQuest number: 1606040, Published by ProQuest LLC (2015) http://search.proquest.com/docview/1755941431

Riyanto, Buddy, 2016, Propaganda NIIS Melalui Media Sosial dan Persepsi Mahasiswa Islam Surakarta, Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora: Eksplorasi (ISSN 0853-7054) Vol XXVIII No.2 Feb 2016, hal 223-235

Rustam, Qudratullah, 2017, Promosi Potensi Desa Melalui Media Sosial, http://makassar.tribunnews.com/2017/10/10/promosi-potensi-desa-melalui-media-sosial.

Siagian, Marahalim, 2018, Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Pariwisata, https://www.academia.edu/35713542/Media_Sosial_Sebagai_Sarana_Promosi_Pariwisata

Shim, Kyujin, 2014, Impact of Social Media on Power Relations of Korean Health Activism, Media and Communication (ISSN: 2183-2439) Vol.2 Isue 2, p72-83 – ProQuest http://search.proquest.com/docview/1628558910/fulltextPDF/30ECF8FCCDB74DC3PQ/4?accountid=62691

NN, https://www.statista.com/statistics/268136/top-15-countries-based-on-number-of-facebook-users/.

Downloads

Published

2019-10-04

How to Cite

Riyanto, B. (2019). OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL DALAM PROMOSI OBYEK WISATA DI DESA SIDOWAYAH KECAMATAN POLANHARJO KABUPATEN KLATEN. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.33061/awpm.v3i1.3165

Issue

Section

Artikel