OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL DALAM PROMOSI OBYEK WISATA DI DESA SIDOWAYAH KECAMATAN POLANHARJO KABUPATEN KLATEN
DOI:
https://doi.org/10.33061/awpm.v3i1.3165Abstrak
Pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh maraknya usaha wisata yang diinisiasi oleh masyarakat di berbagai wilayah Indonesia, termasuk di desa Sidowayah, kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten yang memilki potensi wisata alam. Namun dalam perjalananya, upaya mempertahankan eksistensi dan pemasarannya justru menjadi beban tersendiri. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial dalam promosi wisata. Metode yang digunakan adalah melaksanakan focus group discussion yang diikuti para penggiat wisata desa dan pemangku kepentingan untuk mengidentifikasi permasalahan serta menemukan alternatif solusi. Kesimpulannya adalah bahwa promosi melalui media sosial sudah dilakukan dengan baik oleh penggiat wisata, namun lebih efektif jika yang melakukan adalah para wisatawan yang puas menyebarluaskan pengalaman mereka dalam wisata di desa Sidowayah.Kata kunci: media sosial, promosi wisata, Sidowayah
Unduhan
Referensi
Obeid, Azam A.,2015, Social Media Impact on Arab Spring, a Comparasion Study between Four Middle Eastern Countries, ProQuest number: 1606040, Published by ProQuest LLC (2015) http://search.proquest.com/docview/1755941431
Riyanto, Buddy, 2016, Propaganda NIIS Melalui Media Sosial dan Persepsi Mahasiswa Islam Surakarta, Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora: Eksplorasi (ISSN 0853-7054) Vol XXVIII No.2 Feb 2016, hal 223-235
Rustam, Qudratullah, 2017, Promosi Potensi Desa Melalui Media Sosial, http://makassar.tribunnews.com/2017/10/10/promosi-potensi-desa-melalui-media-sosial.
Siagian, Marahalim, 2018, Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Pariwisata, https://www.academia.edu/35713542/Media_Sosial_Sebagai_Sarana_Promosi_Pariwisata
Shim, Kyujin, 2014, Impact of Social Media on Power Relations of Korean Health Activism, Media and Communication (ISSN: 2183-2439) Vol.2 Isue 2, p72-83 – ProQuest http://search.proquest.com/docview/1628558910/fulltextPDF/30ECF8FCCDB74DC3PQ/4?accountid=62691
NN, https://www.statista.com/statistics/268136/top-15-countries-based-on-number-of-facebook-users/.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.