EVALUASI PELAKSANAAN ANGKUTAN CERDAS SEKOLAH (ACS) DI KABUPATEN PONOROGO TAHUN 2022

Authors

  • Aditya Dwi Raharjo dinas perhubungan kab ponorogo
  • Winarti Winarti
  • Aris Tri Haryanto

DOI:

https://doi.org/10.33061/jp.v12i2.9015

Abstract

Penelitian ini bertujuan melakukan Evaluasi Pelaksanaan Angkutan Cerdas Sekolah (ACS) di Kabupaten Ponorogo pada Tahun 2022. Teori evaluasi menggunakan Nurcholis (2007:277), meliputi : input, proses, output (hasil), dan outcomes (dampak). Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan informan pada penelitian ini dengan cara teknik purposive sampling. Dalam pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelaksanaan Angkutan Cerdas Sekolah (ACS) di Kabupaten Ponorogo Tahun 2022 berjalan cukup baik namun belum optimal. Dari segi input, kurangnya jumlah sumber daya manusia, fasilitas, dan anggaran, serta belum ada Standar Operasional Prosedur (SOP). Dari segi proses sudah baik namun belum ada peta jaringan pelayanan ACS. Dari segi output (hasil) sudah tepat guna dan tepat sasaran. Dari segi outcome banyak dampak positif kepada kelompok sasaran, namun dampak yang diharapkan seperti tujuan yang dirumuskan belum dapat tercapai.

 

Kata kunci : input, proses, output, outcome

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Raharjo, A. D., Winarti, W., & Haryanto, A. T. (2023). EVALUASI PELAKSANAAN ANGKUTAN CERDAS SEKOLAH (ACS) DI KABUPATEN PONOROGO TAHUN 2022. JI@P, 12(2). https://doi.org/10.33061/jp.v12i2.9015

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>