STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS DAN KINERJA PENYELENGGARA JALAN DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KABUPATEN MADIUN

Authors

  • Mudiono Mudiono DPUPR KABUPATEN MADIUN
  • Suwardi Suwardi
  • Herning Suryo Sardjono

DOI:

https://doi.org/10.33061/jp.v12i2.8966

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi strategi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Madiun dalam pelayanan penyelenggara jalan di Kabupaten Madiun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang bagaimana Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Madiun dalam pelayanan penyelenggara jalan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan yang dijadikan sumber data dalam penelitian ini terdiri dari informan internal (Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang selaku penyelenggara jalan) dan informan eksternal (masyarakat pengguna jalan). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi keabsahan data yang menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Madiun dalam pelayanan penyelenggara jalan sudah sesuai dengan teori Jack Kooten, namun masih banyak kendala dan permasalahan yang perlu dipecahkan. Dalam hal ini, penelitian ini memberikan rekomendasi bahwa Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Madiun perlu meningkatkan kualitas pelayanan dan meningkatkan koordinasi dengan masyarakat pengguna jalan untuk menyelesaikan kendala dan permasalahan yang masih ada. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi referensi bagi penelitian-penelitian selanjutnya dalam bidang pelayanan penyelenggara jalan di daerah Kabupaten Madiun.

 

Keywords : Kata Kunci: Strategi, Pelayanan, infrastruktur jalan

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Mudiono, M., Suwardi, S., & Sardjono, H. S. (2023). STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS DAN KINERJA PENYELENGGARA JALAN DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KABUPATEN MADIUN. JI@P, 12(2). https://doi.org/10.33061/jp.v12i2.8966

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2