ANALISIS PELAYANAN OPERASI DAN PEMELIHARAAN IRIGASI PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS SUMBER DAYA AIR DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KABUPATEN MADIUN, PROPINSI JAWA TIMUR TAHUN 2021

Penulis

  • Karon Suprapto Dinas PUPR Kab. Madiun
  • Joko Pramono
  • Adi Purwanto

DOI:

https://doi.org/10.33061/jp.v11i2.7174

Abstrak

ABSTRAK

Operasi dan Pemeliharaan Irigasi tidak bisa terlepas dari kegiatan pemberian pelayanan dibidang pertanian melalui suatu jaringan irigasi. Irigasi dapat berjalan dan berfungsi apabila sistem irigasi dapat berjalan secara bersama-sama dan sinergis.

Penurunan kinerja yang terjadi adalah pada pelaksanaan operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi di UPT SDA Dinas PUPR Kabupaten Madiun yang tidak berjalan optimal sehingga mengakibatkan kurang terpeliharanya jaringan irigasi yang berdampak pada tingginya biaya pemeliharaan, layanan air irigasi kepada masyarakat petani berjalan lambat, banyaknya kerusakan pintu air dan maraknya pencurian air.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, guna memahami secara mendalam persoalan kekurangan petugas pelaksana operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi dan bagaimana cara mengatasi kekurangan tenaga tersebut sehingga keberfungsian jaringan irigasi berjalan secara optimal.

Tujuan Penelitian adalah untuk menganalisis pelayanan operasi dan pemeliharaan irigasi serta mengkaji upaya UPT SDA Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Madiun dalam pelayaan operasi dan pemeliharaan irigasi.

Untuk mendukung kinerja operasional dan pemeliharaan jaringan irigasi yang baik tentu harus ditunjang dengan sumber daya manusia yang mencukupi yaitu dengan menambah jumlah petugas operasi dan pemeliharaan irigasi dengan cara mengangkat tenaga magang dan sebagainya untuk menjadi tenaga operasi dan pemeliharaan irigasi.

Kata kunci : Operasi Pemeliharaan, Irigasi, Tangibles, Kualitatif

Downloads

PlumX Metrics

Diterbitkan

2023-06-16

Cara Mengutip

Suprapto, K., Pramono, J., & Purwanto, A. (2023). ANALISIS PELAYANAN OPERASI DAN PEMELIHARAAN IRIGASI PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS SUMBER DAYA AIR DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KABUPATEN MADIUN, PROPINSI JAWA TIMUR TAHUN 2021. JI@P, 11(2). https://doi.org/10.33061/jp.v11i2.7174

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2