PEMANFAATAN MODAL USAHA DALAM MENDUKUNG DIGITAL MARKETING DAN INOVASI USAHA TERHADAP KEBERLANGSUNGAN USAHA PADA UMKM DI BOYOLALI
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan modal usaha sebagai variabel pemoderasi dalam memperkuat pengaruh digital marketing dan inovasi usaha terhadap keberlangsungan usaha pada UMKM di Boyolali. Penelitian ini menggunakan sampel 100 UMKM di Boyolali yang telah memanfaatkan modal usaha. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji selisih mutlak. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Digital marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap keberlangsungan usaha pada UMKM di Boyolali. Dengan demikian hipotesis 1 ditolak. (2) Inovasi usaha berpengaruh signifikan terhadap keberlangusngan usaha pada UMKM di Boyolali. Dengan demikian hipotesis 2 diterima. (3) Pemanfaatan modal usaha terbukti sebagai variabel moderating yang dapat memperkuat pengaruh digital marketing terhadap keberlangsungan usaha pada UMKM di Boyolali. Dengan demikian hipotesis 3 diterima. (4) Pemanfaatan modal usaha terbukti sebagai variabel moderating yang dapat memperkuat pengaruh inovasi usaha terhadap keberlangsungan usaha pada UMKM di Boyolali. Dengan demikian hipotesis 4 diterima.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ramadhian Agus Triono Sudalyo Rama, Nurita Elfani Prasetyaningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.