PENGARUH KEBIJAKAN UTANG DAN PROFITABILITAS TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN

Authors

  • Winarsih Winarsih Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Suprihatmi Sri Wardiningsih Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Setyaningsih Sri Utami Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Keywords:

kebijakan dividen, debt to equity ratioo, return on assett, net profitt margin.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis signifikansi pengaruh DER, ROA dan NPM secara parsial maupun simultan terhadap kebijakan dividen. Populasi pada penelitian ini adalah Perusahaan Sektor Properti, Real Estate, dan Kontruksi Bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017- 2019. Berdasarkan metode Purposive sampling, sampel yang diperoleh adalah 12 dari 83 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan. Metode analisis data dengan menggunakan analisis regresi linear berganda yang dibantu dengan program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa DER berpengaruh signifikan positif terhadap kebijakan dividen, ROA berpengaruh signifikan positif terhadap kebijakan dividen, dan NPM berpengaruh signifikan negatifiterhadap kebijakan dividen. Secara simultan DER, ROA, dan NPM berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen.

References

Astitii, Ni Ketut Ari, Gede Adie Yuniarta dan Edy Sujana. 2017. “ Pengaruh Debt To Equity Ratio, Current Ratio, Net Profit Margin, Return On Asset, Terhadap Devidend Payout Ratio Studi Pada Perusahaan Basic Industry dan Properti, Real Estate Dan Building Contruction yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015”. Jurnal Akuntansi. Vol. 7, No. 1. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.

Fahmi, Irham. 2014. Pengantar Pasar Modal. Alfabeta. Bandung.

Hanafi, Mamduh M dan A. Halim. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Kelima UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan . Raja Grafindo Persada.Jakarta. Lioew, Alfian Meykel, Sri Murni, dan Yunita Mandagie. 2014. “ROA, ROE,

NPM Pengaruhnya terhadap Dividen Payout Ratio pada Perusahaan Perbankan dan Finansial Institusi yang Terdaftar Di BEI Periode 2010- 2012”. Jurnal EMBA. Vol. 2, No. 2, Juni, Hlm. 1406 -1416. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi. Manadoo.

Mertayani, Sri, Ari Surya Darmawan, Dan Sri Werastuti. 2015. “ Analisis Pengaruh Net Profit Margin, Debt Equity Ratio, Current Ratio dan Ukuran Perusahaan terhadap Devidend Payout Ratio”. Jurnal Akuntansi . Vol. 1, No. 1. Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.

Munawir. 2010. Analisa Laporan Keuangan. Liberty.Yogyakarta.

Prima, Nike Anggita, Ronny Malavia Mardani, dan M. Khoirul. 2018. “ Pengaruh Kebijakan Utang dan Profitabilitas terhadap Kebijakan Deviden”. Jurnal Riset Manajemenn. Fakultas Ekonomi Unisma.

Ratnasari, Putu Sri Puspytha dan Ni Ketut Purnawati. 2019. “Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Tingkat Pertumbuhan Perusahaan dan Leverage Terhadap Kebijakan Deviden”, E-Jurnal Manajemen, Vol. 8, No. 10, 2019: 6179-619, ISSN: 2302-8912. Fakultas ekonomi.

Sari , Komang Ayu Novita dan Luh Komang Suddjarni. 2015. “Pengaruh Likuiditas, Leverage, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur BEI”. Jurnal Manajemen. Vol. 4, No. 10, Hlm. 3346 – 3374. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Bali.

Sartono , Agus .2011. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi (4th ed.). BPFE Yogyakarta.

Uwigbe, A. 2012. “Dividend Policy and Firm Perfomances: A Study Of Listed Firm in Nigeria”. Accounting and Management Information Systemms. pp: 442-454.

Downloads

Published

2021-08-24