MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA ABAD 21 (KAJIAN MODEL PROJECT BASED LEARNING)

Authors

  • Bettri Yustinaningrum STAIN Gajah Putih Takengon Aceh Tengah

DOI:

https://doi.org/10.33061/js.v2i1.3019

Keywords:

Stakeholder, Abad – 21, project based learning (PBL)

Abstract

Di abad-21 ini stakeholder dalam dunia pendidikan ditantang untuk mampu menciptakan tatanan pendidikan yang dapat ikut menghasilkan sumber daya pemikir yang mampu ikut membangun tatanan sosial ekonomi sadar-pengetahuan sebagaimana layaknya warga dunia di abad-21. Guru yang menyadari pentingnya pendidikan dalam menjawab tuntutan jaman di era ekonomi global pasti akan berusaha untuk membekali peserta didik mereka dengan keterampilan yang dibutuhkan pada abad 21. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan guru dalam menghadapi tantangan di abad-21 adalah model Project Based Learning (PBL). Melalui model  Project Based Learning, peserta didik menggunakan kemampuan berkomunikasi dan keterampilan untuk menyampaikan menyampaikan gagasan atau ide, organisasi dan management waktu, keterampilan berinkuiri, keterampilan self assessment dan refleksi, partisipasi dalam kelompok, serta keterampilan leadership.

Author Biography

Bettri Yustinaningrum, STAIN Gajah Putih Takengon Aceh Tengah

dosen tadris matematika

References

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Di Abad-21. BSNP. Jakarta.

Bell, S. 2010. Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. Jurnal Routledge Taylor & Francis Group. Vol 83: 39–43.

Ferrara, Joe. 2012. Using Project-Based Learning to Increase Student Engagement and Understanding.

Kementerian Pendidikan daan Kebudayaan. 2014. Buku Guru Matematika SMA/SMK/MAK Kelas X Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan daan Kebudayaan. Jakarta.

Mayasari et al. 2016. Apakah Model Pembelajaran Problem Based LEARNING dan Project Based Learning mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21?. JPFK. Vol. 2 (1): 48 – 55.

Murniarti, Erni, Penerapan Metode Project Based Learning dalam Pembelajaran.

National Academy Foundation and Pearson Foundation, Project-Based Learning A Resource for Instructors and Program Coordinators.

NYC Department of Education. 2009. Project-Based Learning: Inspiring Middle School Students to Engage in Deep and Active Learning (PBL Guide).

Setyawati, R, Lutvia. 2016. Analisis Persamaan dan Perbedaan Model Pembelajaran Inquiry, Discovery, Problem Based Learning, dan Project Based Learning.

Stivers, J. Project Based Learning(A dynamic approach to teaching in which students explore real-world problems and challenges, simultaneously developing 21st Century skills while working in small collaborative groups).

PlumX Metrics

Published

2019-12-03