JENIS-JENIS BULLYING DAN PENANGANANNYA DI SD N MANGONHARJO KOTA SEMARANG

Authors

  • Lina Muntasiroh UPGRIS

DOI:

https://doi.org/10.33061/js.v2i1.2983

Keywords:

Sekolah Dasar, Bullying, dan Penanganannya

Abstract

Tindak bullying bukanlah fenomena baru didunia pendidikan Indonesia. Adanya kasus yang terjadi baru saja di Brebes tentang siswa yang menarik kursi teman perempuannya yang hendak duduk berakibat retak tulang ekor yang mampu menyebabkan kelumpuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis bullying dan penangannannya di SD N Mangunharjo Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menjelaskan dan menggambarkan jenis bulllying yang terjadi dari kelas III-VI SD N Mangunharjo Kota Semarang yang terdiri dari korban dan pelaku bullying. Selain itu juga adanya wawancara dari guru serta kepala sekolah.Jenis-jenis bullying yang terjadi diantaranyabullying verbal dan fisik berupa : memanggil dengan nama orang tua, nama yang lucu,meledek, memerintah, dan menyoraki. Bullying secara fisik berupa melempar bola kertas, mendorong, menarik jilbab, mencubit, menarik kursi yang hendak diduduki, dan memukul. Penanganan yang dilakukan dengan memberikan arahan setiap apel pagi, upacara, teguran, dan hukuman yang mendidik.

Author Biography

Lina Muntasiroh, UPGRIS

pgsd

References

Anjasuma, Trinita.2018. Analisis Sebab-Akibat Perilaku Bullying Remaja. (Skripsi). Yogyakarta:Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Astuti, Ponny Retno. 2008. Meredam bullying: 3 Cara Efektif Mengatasi K.P.A. Jakarta: Grasindo.

Moh Zainal Rohman. 2016. Hubungan antara usia tingkat kelas dan jenis kelamin dengan kecenderungan menjadi korban bullying. The 3rd Universty Research Colloquium, ISSN 2407-9189

Novan Ardy Wiyani. 2014. Save our children from school bullying. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Renny Sundayani. 2014. Anak Korban Bullying Berpotensi Bunuh Diri di Usia 50. Di akses pada 05 November 2014, dari:http://okezone.com/okezone.lifestyle. htm Roychansyah, Muhammad Sani. 2006. Sedikit Mengupas ’Ijime’.

Santrok, J. W. 2011. Perkembangan anak, jilid 1, edisi 11. Jakarta: Erlangga.

Siswanti, Contrie Ganes Widayanti. 2009. Fenomena bullying di Sekolah Dasar Negeri Semarang. Jurnal Psikologi UNDIP. Vol.5 No.2 Desember Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang

Sejiwa. (2008). Bullying!. Jakarta: PT Grasinndo.

Soejatmiko, Nur Hamzah, dan Anastasia. 2013. Gambaran Bullying dan Hubungannya dengan Masalah Emosi dan Perilaku pada Anak Sekolah Dasar. Sari Pediatri, Vol. 15, No. 3.

PlumX Metrics

Published

2019-12-03