PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK

Authors

  • Suci Yulianti Lestari UPGRIS
  • Husnul Hadi UPGRIS
  • Qoriati Mushafanah UPGRIS

DOI:

https://doi.org/10.33061/js.v2i1.2979

Keywords:

Problem Based Learning, Permainan Edukatif, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dibantu permainan edukatif yaitu mencari kelompok terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV tema 5 “Pahlawanku” subtema 1 “Perjuangan Para Pahlawan” di SD Negeri Raci 01 Pati tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian adalah Pre-Eksperimental Design. Pre-Eksperimental design digunakan dalam penelitian ini adalah Satu-kelompok pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Raci 01 Pati. Sampel yang diambil adalah 24 siswa kelas IV menggunakan teknik sampling jenuh. Pada nilai pretest yang telah dilaksanakan diperoleh nilai rata-rata 60,50 dan nilai rata-rata posttest sebesar 90,33. Hasil pengujian hipotesis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung 10,910 dan ttabel 1,714 dengan tingkat signifikansi 5%. Karena thitung> ttabel, maka Ha diterima berarti model pembelajaran Problem Based Learning berbantu permainan edukatif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema 5 subtema 1 pada pembelajaran tematik di SD Negeri Raci 01 Pati.

Author Biographies

Suci Yulianti Lestari, UPGRIS

PGSD

Husnul Hadi, UPGRIS

PGSD

Qoriati Mushafanah, UPGRIS

PGSD

References

Ariswati, Murda, dan Arini. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. E-Journal PGSD, Mimbar PGSD Vol. 6 No. 1. Universitas Pendidikan Ganesha.

Fathurrohman, Muhammad (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Huda, Miftahul (2015). Model-Model Pengajaran dan pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kadir dan Asrohah. (2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta: Rajawali Pers.

Rohwati, Mei (2012). Penggunaan Education Game Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan IPA, JPII 1 75-81. UNNES Semarang.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

PlumX Metrics

Published

2019-12-03