IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL DI KABUPATEN ACEH TENGAH

Rosliana Harahap, Nur Ainun Lubis, Nurmalina Nurmalina

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui kondisi objektif tentang keunggulan local dalam pembelajaran matematika, untuk merancang model pembelajaran matematika yang berbasis keunggulan lokal siswa kelas IV, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran matematika berbasis keunggulan lokal di Kabupaten Aceh Tengah. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 SD se-kecematan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Dalam proses pembelajaran guru dan buku pegangan matematika yang digunakan saat ini belum mengaitkan dengan karakter diri siswa dan potensi local daerah. (2) Selama proses pembelajaran matematika yang berbasis keunggulan lokal dan karakter potensi diri siswa antusias untuk belajar matematika. Disain pembelajaran matematika sekolah dasar yang berbasis keunggulan lokal yang telah dirancang mendapat respon yang baik dari semua siswa yaitu sebesar 83,74% siswa memberikan respon positif. Dari hasil tersebut diharapkan model pembelajaran matematika di kelas harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa sehingga tujuan dari proses pembelajaran dapat tercapai maksimal.

 


Keywords


Model Pembelajaran, Keunggulan Lokal, Karakter

References


Ahmad Sudrajat, 2008. Metode Dan Teknik Pembelajaran. www.wijayalabs.wordpress.com

Hamalik, Oemar. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. (Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.33061/js.v1i2.2804

Copyright (c) 2018 JURNAL SINEKTIK