PENERAPAN KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN KARAN

Authors

  • Viviana Arbaning Tyas Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Maya Sekar Wangi
  • Andri Astuti I

Abstract

Tidak dapat dipungkiri komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia untuk saling
berhubungan antara satu dengan yang lainnya baik dalam kehidupan sehari-hari di
masyarakat, tempat pekerjaan maupun instansi pemerintahan. Komunikasi organisasi
merupakan faktor penting di dalam sebuah organisasi untuk dapat meningkatkan kinerja
pegawai yang sesuai dengan keinginan dan harapan dalam mencapai berbagai tujuan
organisasi. Penerapan komunikasi organisasi akan mempengaruhi setiap elemen di dalam
organisasi termasuk para pegawai yang menjadi subjek utamanya. Lokasi penelitian berada di
Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Karanganyar. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisis penerapan komunikasi organisasi dalam meningkatkan kinerja pegawai pada
Sekretariat DPRD Kabupaten Karanganyar. Dilandasi oleh Teori Komunikasi Organisasi
karya Asmuji. Teori tersebut menjelaskan bahwa arus komunikasi organisasi dibagi menjadi
3 yakni arus komunikasi organisasi vertikal, arus komunikasi organisasi horizontal dan arus
komunikasi organisasi lintas saluran atau diagonal. Dilandasi pula oleh Teori Kinerja
Pegawai karya Bintoro. Teori ini menjelaskan bahwa kinerja pegawai yang baik dipengaruhi
oleh pegawai yang memiliki kemampuan, inisiatif, kualitas kerja, kehadiran dan ketepatan
waktu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi. Teknik pengumpulan
data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data yang
digunakan adalah triangulasi data. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa komunikasi
organisasi pada Sekretariat DPRD Kabupaten Karanganyar berjalan dengan baik dan sedikit
adanya hambatan penerapan komunikasi organisasi. Komunikasi organisasi vertikal kebawah
membahas mengenai berbagai instruksi dan pembagian pekerjaan. Komunikasi organisasi
vertikal ke atas membahas mengenai laporan hasil pekerjaan. Komunikasi organisasi
horizontal membahas koordinasi, diskusi dan kerjasama. Dan tidak diterapkannya
komunikasi organisasi lintas saluran atau diagonal karena dapat menimbulkan resiko seperti
persaingan dan permusuhan. Jenis komunikasi yang digunakan informal dan formal, media
yang digunakan lisan, tulisan dan elektronik.
Kata kunci : Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Kinerja Pegawai.

PlumX Metrics

Published

2023-01-25

How to Cite

Tyas, V. A., Maya Sekar Wangi, & Andri Astuti I. (2023). PENERAPAN KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN KARAN. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/7865

Issue

Section

Solidaritas Vol 1