Analisis Pemahaman Matematika Materi Mengenal Lambang dan Nama Bilangan Menggunakan Media LABER (Lagu Berhitung) Kelas I

Analisis Pemahaman Matematika Mengenal Lambang dan Nama Bilangan

Authors

  • Defitri Maretika Aryani Universitas Slamet Riyadi

Keywords:

learning mathematics; symbols and names numbers; counting song

Abstract

This study aims to determine the understanding of students in learning mathematics using song media (LABER) in Class I Counting Songs with the material of symbols and number names in elementary schools. This research uses a problem-based learning model. The type of data in this study uses qualitative data. The instruments in the study were interviews and observations. So in this study, it can be concluded that out of 20 students, there are 63% (3) who still do not understand the material about recognizing symbols and number names. Based on the results of the study and discussion, the researcher can conclude that the development of math learning songs has successfully produced a product with the material of recognizing symbols and number names using song media (LABER) counting songs for grade I students.

References

Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis dan Remediasinya (Pertama). Rineka Cipta. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika (2021). 5 (2), 165-17.

Adjie dan rostika. (2006). Konsep Dasar Matematika. Bandung: UPI Press.

Alwan Hafiz, Helmi Hendra Irawan, Muh. Ridwan Markarma, Zainul Muttaqin. 2021. Pengembangan Lagu Anak-Anak untuk Belajar Matematika Kelas III dengan Tema Perkalian dan Pembagian SDN 04 Masbagik. Jurnal Seni Pertunjukan Tamumatra. 2621-7244.

Alwan Hafiz, Helmi Hendra Irawan, Muh. Ridwan Markarma, Zainul Muttaqin. (2021). Pengembangan Lagu Anak-Anak untuk Belajar Matematika Kelas III dengan Tema Perkalian dan Pembagian SDN 04 Masbagik. Jurnal Seni Pertunjukan Tamumatra. 2621-7244.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Gava Media.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Gava Media

Indah, Akina, dan Anggaini. (2016). Peningkatan Kemampuan Siswa Pada Materi Lambang Bilangan Dengan Menggunakan Kartu Bilangan di Kelas I SDN 2 Kabalutan. Jurnal Kreatif Tadulako. 2354-614X.

Indah, Akina, dan Anggaini. 2016. Peningkatan Kemampuan Siswa Pada Materi Lambang Bilangan Dengan Menggunakan Kartu Bilangan di Kelas I SDN 2 Kabalutan. Jurnal Kreatif Tadulako. 2354-614X.

Jumaryatun, Slamet Mulyono, Atikah Anindyarini. Penggunaan Media Lagu Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Menulis Cerpen. BASASTRA Jurnal Penelitian bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Volume 1 Nomor 3, April 2014. ISSN 12302-6405

Jumhariyani. (2016). Pengaruh Metode Penemuan Terbi,bing dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Matematika Kelas IV SD Sekecamatan Setiabudi Jakarta Selatan. JPD- Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 62-72.

Kemendikbud (2018). Tentang Metode Pendekatan Saintifik.

Kemendikbud 2018. Tentang Metode Pendekatan Saintifik.

Mei Fita Asri Untari1 , Fajar Cahyadi2 & Ade Kalpila Budiningtyas. 2017. PENGEMBANGAN MEDIA LAGU MATEMATIKA

Mei Fita Asri Untari1 , Fajar Cahyadi2 & Ade Kalpila Budiningtyas. (2017). Pengembangan Media Lagu Matematika Dalam Pembelajaran di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal.upi.edu. e-ISSN 2502-4795.

Melalolin, L. M.1, hartini, N. M. S. A.2, Mahayanti, N. W. S.3. Pemanfaatan Lagu Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Simple Past Tense. Journal For Lessos and Learning Studies. P-ISSN : 2615-6148, E-ISSN : 2615- 7330

Muhammad Daut Siagian. (2017). Pembelajaran Matematika Dalam Perspektif Kontruktivisme. Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan. ISSN 2086-4205.

Ockti Syafitri, Rohita, Nila Fitria. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1-10 Melalui Permainan Pohon Hitung Pada Usia Anak 4-5 tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora.

Ramanda Ayang Ritanti, Erna Suwangsih, Hafiziani Eka Putri. (2021). Analisis Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Siswa Kelas I dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Rohman1, Syaifudin2, Nike Astiwijaya3. (20021). Kemmapuan Pemahaman Konsep pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Terbimbing di Sma Negeri 14 Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. 5 (2), 165-173.

Runtakahu dan Kandou. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Setyono.

Sugianto, R.P. (2012). Upaya Meningkatkan Kognitif Anak Dalam Pengenalan Konsep Bilangan Melalui Permainan Kartu Angka di Taman Kanak-kanak. (Skripsi). FKIP, Universitas Pendidikan Indonesia, bandung.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal 1 Ayat 1.

Downloads

Published

2023-12-26