Peranan Labeling Desain Kemasan Pada UMKM Dengan Model Tipografi Ramah Lingkungan Terhadap Ketahanan Pangan

Penulis

  • Ria Manurung Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso
  • Natalia Ira Kartika Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso

Abstrak

Kemasan produk dalam persaingan pasar yang semakin ketat, tidak hanya berfungsi sebagai pelindung, tetapi juga sebagai media komunikasi dan diferensiasi yang kritis, khususnya bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Konsumen modern semakin sadar lingkungan, sehingga memunculkan permintaan akan produk yang berkelanjutan. Labeling pada kemasan yang menyampaikan nilai-nilai ramah lingkungan menjadi salah satu faktor penentu keputusan pembelian. Tipografi, sebagai elemen visual utama dalam label, memainkan peran penting dalam menyampaikan pesan tersebut secara efektif dan autentik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran strategis labeling desain kemasan, dengan fokus pada pemilihan model tipografi, dalam membangun persepsi ramah lingkungan bagi produk UMKM. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik tipografi yang dapat memengaruhi persepsi konsumen terhadap keberlanjutan suatu produk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada beberapa UMKM yang mengusung nilai ramah lingkungan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan pelaku UMKM dan desainer kemasan, observasi terhadap desain kemasan yang ada, serta kuesioner tertutup kepada konsumen untuk mengukur persepsi terhadap berbagai sampel tipografi pada label kemasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan model tipografi yang tepat pada label kemasan berperan signifikan dalam membentuk citra merek yang ramah lingkungan. Tipografi dengan karakter organik, handmade, sederhana (minimalis), dan menggunakan font yang terinspirasi dari alam (seperti sans-serif yang bersih atau serif yang elegan) terbukti lebih efektif dalam mengomunikasikan nilai keberlanjutan dibandingkan tipografi yang terlihat modern, industrial, atau mewah. Labeling yang memadukan tipografi ini dengan informasi substantif tentang material dan proses ramah lingkungan meningkatkan kredibilitas dan daya tarik produk bagi konsumen.

 

Diterbitkan

2025-11-08

Terbitan

Bagian

Artikel