MODEL PEMBELAJARAN TARI NUSANTARA : SEBUAH CONTOH KREATIVITAS MODEL TARI PIRING BAGI GURU PAUD

Authors

  • Fifiet Dwi Tresna Santana . PG PAUD STKIP Siliwangi Bandung
  • Ifat Fatimah Zahro

DOI:

https://doi.org/10.33061/jai.v4i1.3030

Keywords:

Models Of Learning, Creativity, Archipelago Dance, Early Childhood Education.

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah konsep dan model pembelajaran tari kreatif dalam rangka mengembangkan kreativitas tari peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Melalui penelitian ini juga diharapkan menemukan teori pembelajaran yang berlandaskan data empirik di lapangan. Fokus masalah dalam penelitian ini yakni: 1). Keterbatasan pengetahuan tentang bagaimana membuat sebuah kreativitas tari Nusantara di PAUD; 2). Terbatasnya guru dalam mengolah seni tari Nusantara sebagai bahan ajar bagi anak usia dini; 3). Keterbatasan kemampuan guru dalam mengajarkan seni tari Nusantara kepada peserta didik PAUD. Metode yang digunakan dalam mencapai tujuan tersebut adalah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi kasus terhadap guru-guru PAUD di lingkungan Kota Cimahi. Observasi, wawancara, serta dokumentasi akan dilakukan untuk mendapatkan data mengenai konsep dan strategi pembelajaran, bahan ajar, pendekatan-pendekatan pembelajaran, evaluasi, media, dan sumber belajar PAUD.  Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional guru dalam pembelajaran seni tari dan model pembelajaran tari nusantara dengan sebuah contoh kreativitas tari piring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akdon. (2008). Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Administrasi dan Manajemen. Bandung : Dewa Ruchi.

Arikunto, S .( 2002). Prosedur Suatu Penelitian : Pendekatan Praktek. Edisi Revisi Kelima. Jakarta : Rineka Cipta

---------------. (2011). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Manzilatur Rohmah, A. L. F. I., & Astini, S. M. (2013). Peran Kegiatan Tari Untuk Mengembangkan Kemampuan motorik kasar Anak Kelompok B Di TK Muslimat Mazraatul Ulum II Paciran Lamongan. PAUD Teratai, 2(1).

Moleong, J. Lexy. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya

Mulyani Novi. (2016). Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syaodih-Sukmadinata, N. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Published

2019-06-29

How to Cite

Santana, F. D. T., & Zahro, I. F. (2019). MODEL PEMBELAJARAN TARI NUSANTARA : SEBUAH CONTOH KREATIVITAS MODEL TARI PIRING BAGI GURU PAUD. JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 4(1), 63–72. https://doi.org/10.33061/jai.v4i1.3030