MODEL PEMBELAJARAN TARI NUSANTARA : SEBUAH CONTOH KREATIVITAS MODEL TARI PIRING BAGI GURU PAUD
DOI:
https://doi.org/10.33061/jai.v4i1.3030Keywords:
Models Of Learning, Creativity, Archipelago Dance, Early Childhood Education.Abstract
Tujuan penulisan ini adalah konsep dan model pembelajaran tari kreatif dalam rangka mengembangkan kreativitas tari peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Melalui penelitian ini juga diharapkan menemukan teori pembelajaran yang berlandaskan data empirik di lapangan. Fokus masalah dalam penelitian ini yakni: 1). Keterbatasan pengetahuan tentang bagaimana membuat sebuah kreativitas tari Nusantara di PAUD; 2). Terbatasnya guru dalam mengolah seni tari Nusantara sebagai bahan ajar bagi anak usia dini; 3). Keterbatasan kemampuan guru dalam mengajarkan seni tari Nusantara kepada peserta didik PAUD. Metode yang digunakan dalam mencapai tujuan tersebut adalah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi kasus terhadap guru-guru PAUD di lingkungan Kota Cimahi. Observasi, wawancara, serta dokumentasi akan dilakukan untuk mendapatkan data mengenai konsep dan strategi pembelajaran, bahan ajar, pendekatan-pendekatan pembelajaran, evaluasi, media, dan sumber belajar PAUD. Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional guru dalam pembelajaran seni tari dan model pembelajaran tari nusantara dengan sebuah contoh kreativitas tari piring.
Downloads
References
Akdon. (2008). Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Administrasi dan Manajemen. Bandung : Dewa Ruchi.
Arikunto, S .( 2002). Prosedur Suatu Penelitian : Pendekatan Praktek. Edisi Revisi Kelima. Jakarta : Rineka Cipta
---------------. (2011). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Manzilatur Rohmah, A. L. F. I., & Astini, S. M. (2013). Peran Kegiatan Tari Untuk Mengembangkan Kemampuan motorik kasar Anak Kelompok B Di TK Muslimat Mazraatul Ulum II Paciran Lamongan. PAUD Teratai, 2(1).
Moleong, J. Lexy. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya
Mulyani Novi. (2016). Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Syaodih-Sukmadinata, N. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.