UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN MATEMATIKA MELALUI PERMAINAN BALOK DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAK KELOMPOK B TK PELEMGADUNG 3 JATEN PELEMGADUNG

Authors

  • Annisa Annisa Universitas Slamet Riyadi
  • Sri Hartini Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/jai.v4i1.3027

Keywords:

Mathematical Intelligence and Beam Games, Cognitive Aspects

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kecerdasan matematika anak melalui permainan balok di TK Pelemgadung 3 Jaten Pelemgadung Karangmalang Sragen Tahun Pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian adalah satu kelas kelompok B yang berjumlah lima belas siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif yaitu dengan mendeskripsikan kegiatan kemudian membandingkan nilai hasil belajar kondisi awal, siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil tindakan siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 40% dan hasil tindakan siklus II diperoleh ketuntasan belajar sebesar 86,7% berdasarkan penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan tahap penerapan permainan balok dapat meningkatkan kecerdasan matematika anak kelompok B TK Jaten Pelemgadung Karangmalang Sragen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Setiawan, A. (2018). Meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui media pembelajaran matematika di ra ma’arif 1 kota metro. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 4(2), 181-188..

Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada, Media Grup.

Aisyah, S. 2006. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka

Asmawati, Luluk. 2010. Pengelola Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka

Carol Seefeldt dan Barbara A.Wasik. 2008. Pendidikan Anank Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta : PT Indeks.

Hayuningtyas, H. (2014). Pemanfaatan sumber belajar dengan limbah kardus untuk mengembangkan konsep matematika permulaan anak usia 5-6 tahun (studi eksperimen di TK Taman Indria Semarang). BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(1).

Masnipal. 2013. Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Mufarizuddin, M. (2017). Peningkatan Kecerdasaan Logika Matematika Anak melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 62-71.

Novan Ardy Wiyani & Barnawi. 2012. Format Paud (Pendidikan Anak Usia Dini). Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Litera Prenada Media Group.

Suwardi, S., Firmiana, M. E., & Rohayati, R. (2016). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(4), 297-305.

Rianti, W. (2016). Meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui permainan tata angka pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 136-142.

Novitasari, W. (2016). Analisis kesultan belajar matematika anak usia 5-6 Tahun. Eksakta: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 1(1).

Rahman, T., & Fuadatun, F. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Konsep Bilangan melalui Media Flashcard. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 118-128.

Published

2019-06-29

How to Cite

Annisa, A., & Hartini, S. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN MATEMATIKA MELALUI PERMAINAN BALOK DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAK KELOMPOK B TK PELEMGADUNG 3 JATEN PELEMGADUNG. JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 4(1), 42–48. https://doi.org/10.33061/jai.v4i1.3027