KEMAMPUAN MEMBACA KATA MELALUI METODE PRAKTIK LANGSUNG DENGAN KARTU HURUF
DOI:
https://doi.org/10.33061/jai.v4i1.3026Keywords:
read words, direct practice, letter cardsAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui metode praktik langsung dengan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca kata anak dan mengetahui besarnya peningkatan kemampuan membaca kata melalui metode praktik langsung dengan kartu huruf pada anak Kelompok B TK Dharma Wanita II Mergowati Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung Semester II Tahun Ajaran 2017/2018. Subyek penelitian ini adalah peserta didik Kelompok B TK Dharma Wanita II Mergowati berjumlah 20 anak. Penelitian dilakukan bulan Maret sampai dengan April 2018. Metode pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui praktik langsung dengan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca kata anak. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan anak sebelum tindakan hanya mencapai 10%, kemudian setelah diadakan perbaikan pada Siklus I meningkat menjadi 45%, dan Siklus II menjadi 85%, telah memenuhi persentase maksimum yang telah ditentukan yaitu 80%. Keberhasilan ini ditandai dengan anak mampu menyebutkan simbol huruf yang melambangkan, anak mampu menyusun huruf menjadi sebuah kata yang bermakna, anak mampu menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi / huruf awal/akhir yang sama, anak mampu membaca dan menulis kata sederhana.
Â
Downloads
References
Chasanah, N., & Supriani, A. (2016). Penerapan Metode Praktik untuk Meningkatkan Kemampuan Melaksanakan Promosi Kesehatan. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 2(1), 1-5.
Aulina, C. N. (2012). Pengaruh Permainan dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 131-144.
Dardjowidjojo, S. 2003. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Prasetiani, D., & Diner, L. (2014). Meningkatkan Kemampuan Kanji Mahasiswa Melalui Media Kartu Huruf Kanji. Izumi, 3(2), 15-21.
Grainger, J. 2003. Problem Perilaku, Perhatian, dan Membaca pada Anak:Strategi Intervensi Berbasis Sekolah (Alih Bahasa: Enny Irawati). Jakarta: Grasindo.
Hadini, N. (2017). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN PERMAINAN KARTU KATA DI TK AL-FAUZAN DESA CIHARASHAS KECAMATAN CILAKU KABUPATEN CIANJUR. Empowerment, 6(1).
Hainstock, E. G. 2002. Montessori untuk Anak Prasekolah. Jakarta:Pustaka Delaprasta.
PADMI, I. G. A., Dantes, N., & Sutama, I. M. (2014). Efektivitas Implementasi Metode Bermain Berbantuan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Gambar Dan Sosial Emosional Anak. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1).
Mayer, R. E., & Sims, V. K. (1994). For whom is a picture worth a thousand words? Extensions of a dual-coding theory of multimedia learning. Journal of educational psychology, 86(3), 389.
Setyowati, S. (2014). Pengaruh Penerapan Media Kartu Huruf Warna-Warni Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Kelompok B di TK Islam Hubbul Wathon Kedunganyar Wringinanom Gresik. PAUD Teratai, 3(3).
Rakimahwati, R. (2018). Pelatihan Pembuatan Boneka Jari Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Di Kecamatan V Koto Kampung dalam Kabupaten Padang Pariaman. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 2(2b), 1-11.
Aulia, R. (2012). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Anak. Tunarungu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1.
Robert M. Gagne and Leslie J. Briggs, Principle of Instructional Design (New York: Richard and Winston, 1999).
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Utami Munandar, Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah (Jakarta: PT Gramedia, 1999)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.