UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA SUCEN GEMAWANG TEMANGGUNG

Authors

  • Ismiyati Ismiyati Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Sucen

DOI:

https://doi.org/10.33061/ad.v3i2.2732

Keywords:

Read The Beginning, Picture Word Cards

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu kata bergambar, 2) untuk mengetahui besarnya peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu kata bergambar pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Sucen Gemawang Temanggung Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak Kelompok B TK Dharma Wanita Sucen Gemawang Temanggung Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 dapat ditingkatkan melalui media kartu kata bergambar. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan yang dialami dalam penelitian yang dilakukan peneliti, sebelum tindakan diperoleh persentase kemampuan membaca permulaan dengan persentase 26,6%, mengalami peningkatan pada Siklus I sebesar 53,3%. Pada pelaksanaan Siklus II peneliti memperbaiki kegiatan pembelajaran. Metode pembelajaran dari klasikal menjadi kelompok agar lebih memudahkan peneliti dalam memberi bimbingan pada setiap anak, memperbaiki media kartu kata bergambar menjadi lebih besar agar lebih jelas. Setelah pelaksanaan Siklus II, kemampuan membaca permulaan anak meningkat sebesar 86,6% ditandai dengan anak mampu menyebutkan fonem yang sama, menyebutkan lambang bunyi, membaca kata, lancar dalam pengungkapan kata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Susanto. 2013. Teori Belajar dan Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Akhadiah, Sabarti, dkk. 1993. Bahasa Indonesia I. Jakarta: Depdiknas.

Arif S, Sadiman dkk. 1986. Media pendidikan pengertian, pengembangan, dan pemanfaatan . Jakarta: P.T Raya Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsini, dkk. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Persada Grafina.

Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dewi, Rosmala. 2005. Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Dhieni, Nurbiana, dkk. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Eliyawati, Cucu. 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas.

Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Hawadi, Reni Akbar. 2001 Psikologi Perkembangan Anak Mengenal Sifat, Bakat dan Kemampuan Anak. Jakarta: P.T Grasindo.

Ismail, Andang. 2006. Education Games. Yogyakarta: Pilar Media.

Moleong, Lexy.2003. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Karya.

Musfiroh, Tadkiroatun. (2009). Menumbuhkembangkan Baca Tulis Anak Usia Dini. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Putra, Marsi Sareb. 2008. Minat Membaca Sejak Dini. Jakarta : Indeks.

Sudijono, Anas. 1986. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Prass.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Published

2018-12-13

How to Cite

Ismiyati, I. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA SUCEN GEMAWANG TEMANGGUNG. JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 3(2), 91–100. https://doi.org/10.33061/ad.v3i2.2732