UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA SUCEN GEMAWANG TEMANGGUNG
DOI:
https://doi.org/10.33061/ad.v3i2.2732Keywords:
Read The Beginning, Picture Word CardsAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu kata bergambar, 2) untuk mengetahui besarnya peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu kata bergambar pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Sucen Gemawang Temanggung Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak Kelompok B TK Dharma Wanita Sucen Gemawang Temanggung Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 dapat ditingkatkan melalui media kartu kata bergambar. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan yang dialami dalam penelitian yang dilakukan peneliti, sebelum tindakan diperoleh persentase kemampuan membaca permulaan dengan persentase 26,6%, mengalami peningkatan pada Siklus I sebesar 53,3%. Pada pelaksanaan Siklus II peneliti memperbaiki kegiatan pembelajaran. Metode pembelajaran dari klasikal menjadi kelompok agar lebih memudahkan peneliti dalam memberi bimbingan pada setiap anak, memperbaiki media kartu kata bergambar menjadi lebih besar agar lebih jelas. Setelah pelaksanaan Siklus II, kemampuan membaca permulaan anak meningkat sebesar 86,6% ditandai dengan anak mampu menyebutkan fonem yang sama, menyebutkan lambang bunyi, membaca kata, lancar dalam pengungkapan kata.
Downloads
References
Ahmad, Susanto. 2013. Teori Belajar dan Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Akhadiah, Sabarti, dkk. 1993. Bahasa Indonesia I. Jakarta: Depdiknas.
Arif S, Sadiman dkk. 1986. Media pendidikan pengertian, pengembangan, dan pemanfaatan . Jakarta: P.T Raya Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsini, dkk. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Persada Grafina.
Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dewi, Rosmala. 2005. Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.
Dhieni, Nurbiana, dkk. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Eliyawati, Cucu. 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas.
Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Hawadi, Reni Akbar. 2001 Psikologi Perkembangan Anak Mengenal Sifat, Bakat dan Kemampuan Anak. Jakarta: P.T Grasindo.
Ismail, Andang. 2006. Education Games. Yogyakarta: Pilar Media.
Moleong, Lexy.2003. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Karya.
Musfiroh, Tadkiroatun. (2009). Menumbuhkembangkan Baca Tulis Anak Usia Dini. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Putra, Marsi Sareb. 2008. Minat Membaca Sejak Dini. Jakarta : Indeks.
Sudijono, Anas. 1986. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Prass.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.