PENGARUH MEDIA TUTUP BOTOL BEKAS MINUMAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBILANG
DOI:
https://doi.org/10.33061/ad.v3i2.2728Keywords:
Media Bottle Caps Used, Ability to SpellAbstract
Penelitian ini di laksanakan dengan tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh media tutup botol bekas minuman terhadap kemampuan membilang pada anak kelompok A di TK Tunas Cita Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini dikategorikan dengan penelitian korelasi kausalitas, yaitu penelitian tentang sebab akibat. Uji untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh menggunakan rumusan statistik korelasi yaitu chi-kuadrat. Berdasarkan dari analisis data dan pengujian hipotesis diketahui bahwa nilai X2 hitung = 8,231. Sedangkan X2 tabel = 3,841 karena X2 hitung lebih besar dari tabel, maka ada pengaruh. Dengan demikian hipotesis nihil yang diajukan ditolak, dan sebaiknya hipotesis kerja diterima yang berarti ada Pengaruh Media Tutup Botol Bekas Minuman Terhadap Kemampuan Membilang Anak Kelompok A di TK Tunas Cita Sidoarjo. Kemudian dilanjutkan dengan analisis Koefisien Kontingensi yang di peroleh nilai KK = 0,464. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang sedang antara media tutup botol bekas terhadap kemampuan membilang.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Carol Seefel dt dan Barbara A. Wasik. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. INDEKS.
Coupley, JV. 2001. The Young Child and Mathematics. Washingthon DC: National for The Children the Education of Young Children.
Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.
Eliyati, Cucu. 2005. Pemilihan dan Pegembangan Sumber Belajar untuk anak usia dini. Jakarta: Depdiknas.
Fauziddin, M. 2015. Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Jam Pintar Di Taman Kanak-Kanak Pembina Kec. Bangkinang Kota. Jurnal PAUD Tambusai. Vol 1 No 1. Halaman 49-54. STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai Riau.
Hasiana, Isabella dan Wirastania, Aniek. 2017. Pengaruh Musik Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Kelompok A di TK Lintang Surabaya. Jurnal Obsesi. Vol 1 No 2. Halaman 51-58. Universitas Pahlawan.
Mahnun, Nunu. 2012. Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam. Vol 37 No 1. Halaman 27-33. UIN Suska Riau.
Musfiroh, Tadkirotun. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Depdiknas.
Sugiono. 2011. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.