UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI MEDIA BALOK DI KELOMPOK BERMAIN PELANGI AISYIYAH
DOI:
https://doi.org/10.33061/ad.v2i1.1683Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah melalui media balok dapat meningkatkan kemampuan berhitung di Kelompok Bermain Pelangi Aisyiyah Jumantoro Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017; 2) Untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kemampuan berhitung di Kelompok Bermain Pelangi Aisyiyah Jumantoro Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas (action research) ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap-tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Penelitian ini mengambil tempat di KB Pelangi Aisyiyah Jumantoro Karanganyar. Subyek penelitian ini adalah 30 yang terdiri dari 15 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis kritis dan analisis komparatif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui media balok dapat meningkatkan kemampuan berhitung di Kelompok Bermain Pelangi Aisyiyah Jumantoro Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017, hal ini dapat ditunjukkan bahwa kemampuan berhitung anak siklus I sebesar 32%, siklus II rata-rata sebesar 50,7% dan siklus III rata-rata sebesar 78%. Sedangkan KKM di Kelompok Bermain Pelangi Aisyiyah Jumantoro Karanganyar adalah 75%, sehingga dapat dikatakan bahwa hasil penelitian ini dapat dikatakan telah mencapai keefektifannya, karena hasil penelitian ini telah mencapai lebih dari 75% atau mencapai 78%. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan melalui media balok dapat meningkatkan kemampuan berhitung di Kelompok Bermain Pelangi Aisyiyah Jumantoro Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017, terbukti kebenarannya.
Kata Kunci: Kemampuan Berhitung, Media Balok
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 AUDI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.