MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI GERAK DAN LAGU
DOI:
https://doi.org/10.33061/ad.v1i2.1476Abstract
Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak usia 4 sampai 5 tahun melalui gerak dan lagu di Sekolah Minggu Gereja Utusan Pantekosta Kartasura. Penelitian ini meru-pakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini populasinya adalah anak usia 4 sampai 5 tahun Sekolah Minggu Gereja Utusan Pantekosta yang berjumlah 17 anak terdiri dari 11 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gerak dan lagu dapat meningkatkan rasa percaya diri anak. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi sebelum tindakan diperoleh persentase percaya diri sebesar 35,29% dan pada pelaksanaan siklus II meningkat men-jadi 82,35%. Proses kegiatan gerak dan lagu sangat mudah dan sederhana untuk diterapkan pada anak usia 4 sampai 5 tahun. Melalui gerak dan lagu anak dapat menunjukan rasa percaya dirinya dengan inisiatif, berani tampil di depan umum, dan reaksi emosi tenang saat melakukan kegiatan gerak dan lagu. Pemberian reward berupa stiker kartun dan pujian juga sebagai dorongan dan motivasi bagi anak untuk meningkatkan rasa percaya diri
Kata Kunci : Rasa percaya diri, gerak dan lagu, anak usia 4 sampai 5 tahun
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.