MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELAUI KEGIATAN MEMBILANG DENGAN METODE BERMAIN MEDIA KARTU ANGKA
DOI:
https://doi.org/10.33061/ad.v1i2.1475Abstract
Permasalahan pada penelitian adalah masih rendahnya kemampuan kognitif anak usia dini. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif anak dengan kegiatan membilang di Taman Kanak-Kanak (TK) Alam 123 Pekanbaru. Menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Siklus pertama dilaksanakan sebanyak 2 pertemuan. Masing-masing siklus berisi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisi deskriptif kuantitatif. Hasil tes awal, kemampuan kognitif anak tergolong rendah dengan persentase sebesar 46%. Kemampuan kognitif anak mengalami peningkatan setelah melakukan kegiatan membilang dengan metode bermain media kartu angka. Pada siklus 1 mendapatkan persentase 58 % belum maksimal dengan kategori sedang dan pada siklus 2 mendapatkan persentase sebesar 80% dengan kategori sangat tinggi dan di anggap sudah maksimal.
Kata kunci: Kemanpuan kognitif, Kegiatan membilang, Metode bermain kartu angka
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.