BERSATU MELAWAN COVID 19 DENGAN HIDUP SEHAT DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Penulis

  • Rizki Mellynia
  • Anita Trisiana
  • Nike Nur Viyani
  • Fidia Safitri
  • Nita Tri Handayani
  • Ika Nisatul Sholehah

DOI:

https://doi.org/10.33061/jgz.v9i1.3882

Abstrak

ABSTRAK

 

Penyakit coronavirus 2019 yang dikenal dengan nama COVID-19 melambangkan penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2, salah satu macam korona virus. Penyakit ini  menyebabkan wabah corona virus 2019–2020. Penderita COVID-19 akan merasakan gejala seperti panas, batuk kering, dan kesusahan bernapas. Sakit tenggorokan, flu, atau bersin-bersin makin renggang dijumpai.Pada pengidap yang paling sedikit, penyakit ini bisa berakhir pada pneunomia dan kegagalan multiorgan.Pencegahan agar tidak tertular korona virus ini kita dapat membersihkan tangan, etika batuk, menjahui komunikasi jarak dekat kepada orang sakit. Penyembuhan dapat dilakukan dengan pengobatan simtomatik dan suportif.Tujuan penelitian untuk mengetahui gejala apa saja yang terjadi, cara pencegahan, dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif, yang merupakan penelitian deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dan pengembangan yang berdasarkan fakta yang memberikan gambaran umum tentang pembahasan. Hasil penelitian memberikan informasi tentang covid 19 kepada masyarakat, melakukan berbagai pencegahan agar tidak tertular penyakit tersebut dan menerapkan pola hidup sehat. Dalam persfektif Pendidikan Kewarganegaraan, hidup sehat merupakan salah satu jaminan konstitusi, yang merupakan bagian dari hak, maupun kewajiban warga negara.

Referensi

Achmad Munjid, (2020, 20 April), “Lockdown Kampung dan Kebingungan Kitaâ€, https://tirto.id/lockdown-kampung-dan-kebingungan-kita-eNFo.diakses pada tanggal 18 Mei pukul 17.28

Anita Yossihara, (2020, 19 April). “Cahaya di Tengah Kabut COVID-19â€, https://bebas.kompas.id/baca/bebas-akses/2020/04/19/cahaya-di-tengah-kabut-covid-19/.Diakses pada tanggal 18 Mei pukul 19.00

Aris Mundayat, Pitra Narendra, Budi Irawanto, (2009) “State and Civil Society Relationships in Indonesia: A society-oriented Reading in Search for Democratic Spaceâ€, PCD Journal Vol. 1. Diakses pada tanggal 18 Mei pukul 20.00

Dini Suryani (2020), Covid 19 dan Momentum Negara-negara Kekuatan Menengah (II). Diakses pada tanggal 19 Mei pukul 09.00

Dini Suryani, (2015), “Defending Democracy: Citizen Participation in Election Monitoring in Post-Authoritarian Indonesiaâ€, Journal of Government and Politics (6):1, hlm. 1-17. Diakses pada tanggal 19 Mei pukul 13.00

DA Kaswadi, E Wulandari, dkk. (2019). Pentingnya Komunikasi Sosial Budaya Di Era Globalisasi Dalam Perspektif Nilai Pancasila- Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan.vol 6 .(2) pp.2-71

Kawal COVID19, (2020) “Kawal COVID19 untuk mengurai derasnya informasi seputar COVID-19â€, https://kawalcovid19.id/tentang-kami.diakses pada tanggal 23 Mei pukul 11.00

Koalisi Masyarakat Sipil, (2020, 13 Maret), “Siaran Pers Bersama Koalisi Masyarakat Sipil: Menggugat Kebijakan COVID-19 Pemerintah Indonesiaâ€, https://lokataru.id/siaran-pers-bersama-koalisi-masyarakat-sipil-menggugat-kebijakan-covid-19-pemerintah-indonesia

M. Nazir, metode penelitian, Jakarta Ghalia Indonesia, (1988)

Nyimas Aziz, R Siti Zuhro, Yusuf Maulana, (2020, 28 April), “Webinar Desentralisasi dan Otonomi Daerah: Relasi Pusat Daerah dalam Mengatasi COVID-19â€, http://www.politik.lipi.go.id/kegiatan/tahun-2020/1377-webinar-desentralisasi-dan-otonomi-daerah-relasi-pusat-dan-daerah-dalam-mengatasi-covid-1. diakses pada tanggal 22 Mei pukul 17.00

Perhimpunan Dokter Paru Indonesia:http://www.klilpdpi.com. Diakses pada tanggal 19 Mei pukul 17.00

Promkes Kementrian Kesehatan RI: 2020 promkes.kemkes.go.id. diakses pada 3 Juni pukul 09.00

Siti Nuryanti, 2020 STIT Insan Kamil https://papers.ssrn.com. Diakses pada tanggal 3 Juni pukul 13.00

Trisiana, A. (2015). The Development Strategy Of Citizenship Education in Civic Education Using Project Citizen Model in Indonesia. Journal of Psychological and Educational Research (JPER), 23 (2), 111-124.

Trisiana, A. (2016). Analysis of Character Education Policy in Indonesian School to Improve the Asean Economic Community. Research Journal of Applied Sciences ( RJAS), Volume 11 (9), pp. 879-883.

Trisiana, A. (2016). Desain Pengembangan model pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui ADDIE Model untuk Meningkatkan Karakter Mahasiswa di Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Jurnal PKn Progresif . Vol. 11 (1). Universitas Sebelas Maret: Surakarta

Trisiana, Anita (2019). Innovation Design Development Of Citizenship Education Model On Characters Of Indonesian Communities In Digital Media Era And Technology Revolution. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE). Volume 8 (2) September. pp 322-328.

Unduhan

File Tambahan

Diterbitkan

2020-07-06

Cara Mengutip

Mellynia, R., Trisiana, A., Viyani, N. N., Safitri, F., Handayani, N. T., & Sholehah, I. N. (2020). BERSATU MELAWAN COVID 19 DENGAN HIDUP SEHAT DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 24–38. https://doi.org/10.33061/jgz.v9i1.3882

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>