PERAN GURU PPKn DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SEBAGAI PENDUKUNG REVOLUSI MENTAL (Studi Kasus Pada Siswa SMP Negeri 4 Karanganom Kabupaten Klaten)
DOI:
https://doi.org/10.33061/glcz.v3i1.1819Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Peran guru PPKn dalammembentuk karakter siswa sebagai Revolusi Mental pada siswa SMP Negeri 4 Karanganom
Kabupaten Klaten, 2) Kendala yang dihadapi guru PPKn dalam membentuk karakter siswa
sebagai Pendukung Revolusi Mental pada siswa SMP Negeri 4 Karanganom Kabupaten
Klaten.
Metode penelitian ini adalah diskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif, dalam penelitian ini juga memanfaatkan pendekatan kuantitatif sebagai
pelengkap atau pendukung.Strategi penelitian yang digunakan adalah strategi tunggal
terperancang.Sumber data diperoleh dari informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Teknik
sampling yang digunakan adalah kombinasi purposive sampling dan snow ball. Teknik
pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh dan menyusun data penelitian adalah
dengan wawancara, observasi, serta analisis dokumen. Untuk memperoleh validitas data
digunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan
adalah model analisis interaktif dengan tahap-tahap sebagai berikut : 1) Pengumpulan Data,
2) Reduksi Data, 3) Sajian Data, 4) Pengumpulan Kesimpulan. Prosedur penelitian yang
digunakan dengan langkah-langkah sebagai berikut : 1) Tahap Pra Penelitian, 2) Tahap
Pekerjaan, 3) Tahap Analisis Data, 4) Tahap Penyusunan Laporan Penelitian.
Berdasarkan hasil analisis penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa : 1) Peran
guru PPKn dalam membentuk karakter siswa sebagai Pendukung Revolusi Mental pada
kasus siswa SMP Negeri 4 Karanganom Kabupaten Klaten melalui perubahan sikap dari
komponen pokok dalam teori Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan civic
dispotision sebagai kompetensi yang terkait pada Pasal (3) Undang-Undang No. 20 Tahun
2003 tentang Pendidikan Nasional dalam mengembangkan dan membentuk watak atau
karakter. 2) Kendala yang dihadapi oleh peran guru PPKn dalam membentuk karakter siswa
sebagai Pendukung Revolusi Mental pada siswa SMP Negeri 4 Karanganom Kabupaten
Klaten yaitu kurang mampu mengembangkan nilai-nilai kehidupan yang tidak di anggap
penting dari kepribadian, belum adanya good govermance dan good cooperate govermance
serta minimnya mutu law entorcement.
Kata Kunci :Guru, PPKn, Revolusi Mental, Karakter
Downloads
Published
2017-11-09
How to Cite
Anita Trisiana, L. N. A. &. (2017). PERAN GURU PPKn DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SEBAGAI PENDUKUNG REVOLUSI MENTAL (Studi Kasus Pada Siswa SMP Negeri 4 Karanganom Kabupaten Klaten). Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1). https://doi.org/10.33061/glcz.v3i1.1819
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.