PENERAPAN MEDIA FLIPBOOK PAPER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn

Authors

  • Nur Rizkia Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru
  • Nanda Funna Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru
  • Rahma wati Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru
  • Salma Dina Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Hasbi Ali Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan USK

DOI:

https://doi.org/10.33061/jgz.v14i1.12677

Abstract

Penelitian ini mengaplikasikan pendekatan Tindakan kelas (PTK) yang melibatkan 31 siswa (13 laki-laki dan 18 perempuan) pada fase D. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi dan dokumentasi yang berupa media flipbook yang sesuai dengan indikator kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Adanya peningkatan skor rata-rata kemampuan berpikir kritis dari 65,2 (kategori cukup kritis) pada siklus I menjadi 78,4 (kategori kritis) pada siklus II, menunjukkan peningkatan signifikan sebesar 13,2 poin. Persentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan yang bermakna, dari 35,48% (11 siswa) pada siklus I menjadi 80,65% (25 siswa) pada siklus II, menandakan kenaikan sebesar 45,17%. Kategori berpikir kritis secara klasikal juga meningkat dari "cukup kritis" (56-65%) pada siklus I menjadi "kritis" (66-79%) pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media flipbook paper dapat meningkatkan hasil belajar serta mendorong kemandirian dan berpikir kritis siswa

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Rizkia, N., Funna, N., wati, R., Dina, S., & Ali, H. (2025). PENERAPAN MEDIA FLIPBOOK PAPER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 14(1), 102–109. https://doi.org/10.33061/jgz.v14i1.12677