Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Upaya Mempertahankan Konsumen Home Industri Saat Pandemi dan Kenaikan Harga BBM (Studi Kasus Pada Pengusaha Tahu Pak Andreas di Desa Baturetno)

Penulis

  • Muhammad Adhi Prasetyo Adhi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Nurnawati Hindra Hastuti Universitas Slamet Riyadi
  • Estu Widiyowati Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/dbc.v2i1.9670

Kata Kunci:

Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Kepuasan Pelanggan.

Abstrak

Abstrak

Baturetno merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Wonogiri yang berjarak kurang lebih tiga kilometer dari pusat Kabupaten Wonogiri. Baturetno memiliki beragam industri kecil yang sangat pesat perkembangannya. Namun di saat Covid-19 dan kenaikan bahan bakar minyak melanda banyak pengusaha yang mengalami kesulitan salah satunya pengusaha tahu Andreas. Sempat terkena dampak namun bisa bertahan di saat kesulitan. Berbeda dengan pengusaha lainnya yang sempat berhenti produksi dan berjualan dikarenakan enggan untuk mendapatkan kerugian. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi strategi komunikasi pemasaran apa yang digunakan usaha tahu Andreas agar bisa bertahan di saat Covid dan kenaikan BBM naik.

Metode peneletian ini menggunakan deskripstif kualitatif dengan cara wawancara dengan narasumber. Teori yang digunakan berupa bauran pemasaran berupa 4P Product, Price, Place, Promotion. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa usaha tahu Andreas menggunakan teori produk yaitu pemilihan bahan baku yang berkualitas dan daya tahan yang baik dengan maksud mendapatkan kepuasan dihadapan konsumen. Kedua dari segi harga tidak terlalu memasang harga yang tinggi untuk menghindari persaingan kotor dan agar mempertahankan loyalitas pelanggan. Ketiga dari segi tempat menggunakan mobilitas market guna mendapatkan konsumen diluar daerah juga menghindari persaingan pasar lokal. Terakhir dari segi promosi menggunakan media sosial dan penjualan secara langung yang terbagi menjadi Field Selling, Retail Selling dan Executive Selling.

Biografi Penulis

Nurnawati Hindra Hastuti, Universitas Slamet Riyadi

Program Studi Ilmu Komunikasi

Estu Widiyowati, Universitas Slamet Riyadi

Program Studi Ilmu Komunikasi

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Adhi, M. A. P., Hastuti, N. H., & Widiyowati, E. (2025). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Upaya Mempertahankan Konsumen Home Industri Saat Pandemi dan Kenaikan Harga BBM (Studi Kasus Pada Pengusaha Tahu Pak Andreas di Desa Baturetno). Development and Business Communications, 2(1), 14–25. https://doi.org/10.33061/dbc.v2i1.9670