PERAN KOMUNIKASI PERSUASIF IKLAN TELEVISI TOLAK ANGIN DALAM MENINGKATKAN BRAND IMAGE

Penulis

  • tommy tommy prasetyawan Universitas Slamet Riyadi
  • Maya Sekarwangi Universitas Slamet Riyadi
  • Siswanta Siswanta Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/dbc.v2i2.10470

Kata Kunci:

Iklan Tolak Angin, Citra Merek, Endorser

Abstrak

Peneliti bertujuan untuk menyelidiki peran komunikasi persuasif dalam iklan televisi
Tolak Angin dalam meningkatkan citra merek. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif menggunakan Teori AIDA (Perhatian, Ketertarikan, Keputusan, Tindakan) dengan
mewawancarai tiga informan yang berbeda latar belakang, yaitu seorang wiraswasta, seorang dosen akademisi, dan seorang jurnalis dan pengusaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan televisi Tolak Angin menggunakan tagline "Orang Pintar Minum Tolak Angin" dengan tokoh endorser yang memiliki citra orang pintar, modern, dan sukses untuk membantu
konsumen memahami manfaat produk tersebut. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pemasar dan pengiklan tentang bagaimana menggunakan komunikasi persuasif dalam iklan televisi untuk meningkatkan citra merek.

Biografi Penulis

Maya Sekarwangi, Universitas Slamet Riyadi

Program Studi Ilmu Komunikasi

Siswanta Siswanta, Universitas Slamet Riyadi

Program Studi Ilmu Komunikasi

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

tommy prasetyawan, tommy, Sekarwangi, M., & Siswanta, S. (2025). PERAN KOMUNIKASI PERSUASIF IKLAN TELEVISI TOLAK ANGIN DALAM MENINGKATKAN BRAND IMAGE. Development and Business Communications, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.33061/dbc.v2i2.10470