PERAN KOMUNIKASI PERSUASIF IKLAN TELEVISI TOLAK ANGIN DALAM MENINGKATKAN BRAND IMAGE
DOI:
https://doi.org/10.33061/dbc.v2i2.10470Kata Kunci:
Iklan Tolak Angin, Citra Merek, EndorserAbstrak
Peneliti bertujuan untuk menyelidiki peran komunikasi persuasif dalam iklan televisi
Tolak Angin dalam meningkatkan citra merek. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif menggunakan Teori AIDA (Perhatian, Ketertarikan, Keputusan, Tindakan) dengan
mewawancarai tiga informan yang berbeda latar belakang, yaitu seorang wiraswasta, seorang dosen akademisi, dan seorang jurnalis dan pengusaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan televisi Tolak Angin menggunakan tagline "Orang Pintar Minum Tolak Angin" dengan tokoh endorser yang memiliki citra orang pintar, modern, dan sukses untuk membantu
konsumen memahami manfaat produk tersebut. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pemasar dan pengiklan tentang bagaimana menggunakan komunikasi persuasif dalam iklan televisi untuk meningkatkan citra merek.

