REPRESENTASI MAKNA BUDAYA SUMBA PADA FILM MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK (Analisis Semiotika Roland Barthes)

ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES

Penulis

  • Alya Fitri Rahmawati Universitas Slamet Riyadi
  • Herning Suryo Sardjono Universitas Slamet Riyadi
  • Andri Astuti Itasari Universitas Slamet Riyadi

Kata Kunci:

Film, Kebudayaan Sumba, Semiotika, Roland Barthes

Abstrak

Film dapat menghidupkan kembali nilai-nilai yang terpuruk, bahkan mengedukasi masyarakat tentang adanya tradisi yang saat ini terabaikan atau bahkan tidak disadari. Sebagai cerminan budaya bangsa, melalui film yang masih mengangkat persoalan budaya adat istiadat, hingga sebuah kepercayaan diperlihatkan pada Representasi Makna Budaya Sumba Pada Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak. Metode yang digunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teori Roland Barthes. Hasil penelitian ini menunjukan Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak berlatar belakang budaya Sumba, Nusa Tenggara Timur menghasilkan representasi makna dari dialek, busana, adat kematian mumi, dan latar tempat. Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak dapat menjelaskan tentang kebudayaan yang jarang diketahui oleh masyarakat luas, dengan adanya film tersebut dapat membantu melestarikan, serta mengedukasi siapa saja yang menontonnya.

Biografi Penulis

Herning Suryo Sardjono, Universitas Slamet Riyadi

Dosen, Program Studi Ilmu Komunikasi

Andri Astuti Itasari, Universitas Slamet Riyadi

Dosen, Program Studi Ilmu Komunikasi

Downloads

PlumX Metrics

Diterbitkan

2024-05-09

Cara Mengutip

Alya Fitri Rahmawati, Sardjono, H. S., & Itasari, A. A. (2024). REPRESENTASI MAKNA BUDAYA SUMBA PADA FILM MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK (Analisis Semiotika Roland Barthes): ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES. Development and Business Communications, 1(1), 16–36. Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/dbc/article/view/9239