Workshop Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Guna Penguatan Sikap Kewarganegaraan Siswa Pada Pembelajaran Online
DOI:
https://doi.org/10.33061/awpm.v5i2.5856Abstrak
Pembelajaran online dampak pandemi memberi kesulitan terhadap guru dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran sikap kewarganegaraan. Ditambah perkembangan tekhnologi dan kebijakan perlu ditindaklanjuti dengan tindak nyata di lapangan. Kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa guru guru masih mengalami kendala dalam menyikapi kebijakan yang ada terkait konstruksi rencana pelaksanaan pembelajaran. Solusi yang ditawarkan terhadap permasalahan tersebut adalah workshop dengan tujuan meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun desain instruksional berdasarkan kebijakan terbaru (RPP 3 Komponen) menggunakan aplikasi guna penguatan sikap kewarganegaraan siswa. Diakhir pelatihan diharapkan guru dapat menghasilkan satu RPP berupa e-RPP yang berdasar pada oreintasi sikap kewarganegaraan. Metode kegiatan berupa workshop secara  daring menggunakan web meeting zoom,channel youtube, google classroom, dan aplikasi  e RPP. Luaran pengabdian berupa prosiding isbn/ jurnal issn, video dan publikasi  media online.Unduhan
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Amir, & Kusuma, "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar," Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2018. Hal. 126
Anggraeni P, & Akbar A, "Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Proses Pembelajaran," Jurnal Pesona Dasar, 2018. Hal. 64
Anna Mariyani, Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pkn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Bangga Sebagai Anak Indonesia Bagi Siswa Kelas Iiiâ€, e-journal.unisri.ac.id. 2019. Hal. 2
Darto, "Supervisi Akademik Terprogram Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Pada Pelaksanaan Pembelajaran," Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah Dan Kepengawasan, 2014. Hal. 2
D. Lase, "Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0," .Jurnal Sundermann, 2019. Hal. 28
Ghiffar M. A. N, Nurisma E, Kurniasih C, & Bhakti C. P, "Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning dalam Meningkatkan Critical Thinking Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0," in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2018. Hal. 18
H. Widyastono, "Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran," Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2007. Hal. 1042
Ismail, Ilyas Muh, “Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaranâ€. Jurnal Lentera Pendidikan, SINTA 2. Vol. 13, 2010, Hal. 45
Kemeristekdikti, 26 Juli 2021, “Pengembangan Iptek dan Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0, Ristekdikti, 2018â€, tersedia di website http://www.kopertis6.or.id/component/content/article/49/4107-pengembangan-iptek-dan-pendidikan-tinggi-di-era-revolusi-industri-40.html diakses pada 26 Juli 2021.
M. Miftah, "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Metode Penemuan Terbimbing dalam Pencapaian Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik MAN 2 Model Makassar," JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 2016. Hal. 100
M. Nurtanto, "Mengembangkan Kompetensi Profesionalisme Guru Dalam Menyiapkan Pembelajaran Yang Bermutu," Jurnal Pendidikan, 2014. Hal. 560
Nguyen, T.D., Pham, V.D., “The teacher's competence in integrated teaching at secondary schools: A case study in Vietnamâ€, International Journal of Advanced and Applied Sciences 8(8), 2021. Hal. 113
Pramita M, Mulyati S, & H Susanto, "Implementasi Desain Pembelajaran pada Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Kontekstual," Jurnal Pendidikan, 2016. Hal. 295
Roll, M.J.J., Ifenthaler, D., “Multidisciplinary digital competencies of pre-service vocational teachersâ€, Empirical Research in Vocational Education and Training 13(1) Scopus.com, 2021. Hal. 7
S. Adang. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Yayasan Kesuma Karya.
Sutarmanto, 2015, "Kompetensi Dan Profesionalisme Guru," Jurnal Visi Ilmu Pendidikan
Surat Edaran No. 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Syamsuar, & Reflianto, "Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0. Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0.," STKIP Andi Matappa Pangkep, 2019. Hal. 1-13
Triman, Suprayitno, “Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru Dengan Supervisi Akademik Dan Internal Locus Of Control Sebagai Variabel Moderasiâ€, Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan e-Journal.unisri.ac.id Vol. 13, No. 1, April 2013: 40
Wartoyo, & Anita Trisiana, “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewaragnegaraan Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakartaâ€, e-journal.unisri.ac.id. Vol 4, No 2, 2017. Hal 48
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 wijianto wijianto, rini triastuti, raharjo raharjo, Muhammad Hendri Nuryadi, sri haryati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.