PELATIHAN “DESIGNING ENGLISH LEARNING MATERIAL FOR KINDERGARTEN†PADA GURU KB TK ALIF SMART SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.33061/awpm.v4i2.4191Abstrak
Pembelajaran bahasa Inggris di taman kanak-kanak merupakan fenomena pendidikan. Poin yang paling menonjol adalah kemampuan untuk mempelajari bahasa baru dengan cepat. Anak-anak menggunakan berbagai jenis sumber daya mental untuk memasukkan kata dan makna. Mereka melakukan interpretasi terhadap yang didengarkan dan diamati di sekitar. Guru memainkan peran penting dalam membina perkembangan intelektual dan sosial anak. Pendidikan yang diperoleh siswa adalah kunci untuk menentukan masa depan siswa tersebut. Salah satu tugas guru ada membuat rancangan pembelajaran. . RPP adalah pedoman bagi guru untuk melaksanakan proses pembalajaran di kelas. Pengembangan dan perubahan kreatif dapat dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris. Metode pelaksanaan merupakan landasan atau acuan agar proses dalam program pengabdian kepada masyarakat ini berjalan secara sistematis, terstruktur, dan terarah. Setelah proses observasi lapangan dan identifikasi permasalahan dilakukan, maka akan dilakukan perancangan solusi. Selanjutnya solusi yang menjadi yang telah direncanakan akan ditawarkan kepada mitra. Metode yang akan digunakan dalam program ini Survey, Implementasi, dan Evaluasi.Pelatihan ini diberikan kepada guru-guru di KB TK IT Alif Smart Kadipiro Surakarta. Hasil dari pelatihan ini adalah berkembangnya kemampuan guru dalam membuat rancangan pembelajaran bahasa Inggris untuk KB dan TK. Produk yang dihasilkan yaitu berupa RPP pembelajaran Bahasa Inggris untuk KB dan TK.Unduhan
Referensi
Aini, W. N. (2013). Instructional Media in Teaching english to young learners. Journal of English and Education, 1(June), 196–205.
Brown, H. D. (2001). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy 2nd Edition. New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Copland, F., & Garton, S. (2014). Key themes and future directions in teaching English to young learners: Introduction to the Special Issue. ELT Journal, 68(3), 223–230. https://doi.org/10.1093/elt/ccu030
Hamid, M. O., Nguyen, H. T. M., & Baldauf, R. B. J. (2013). Medium of instruction in Asia: Context, processes and outcomes. Current Issues in Language Planning, 14(1), 1-15. doi: 14664208.2013.792130
Hu, G., & McKay, S. L. (2012). English language education in East-Asia: Some recent developments. Journal of Multilingual & Multicultural Development, 33(4), 345- 362.
Kirkpatrick, A. (2011a). English as a lingua franca in ASEAN: A multilingual model. Hong Kong: Hong Kong University Press.
Mulyati, A. F. (2013). A Study of Teacher Talk and Student Talk in Verbal Classroom Interaction To Develop Speaking Skill for Young Learners. Journal of English and Education, 1(1), 1–10.
Musthafa, B. (2010). “Teaching English to Young Learners in Indonesia: Essential Requirementsâ€. Journal of Educationist. 4, (2), 120-125.
Obaidul Hamid, M., & Nguyen, H. T. M. (2016). Globalization, english language policy, and teacher agency: Focus on Asia. International Education Journal, 15(1), 26–43.
Oktaviani, A., & Fauzan, A. (2017). Teachers Perceptions about the Importance of English for Young Learners. Linguistic, English Education and Art (LEEA) Journal, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.31539/leea.v1i1.25
Sesiorina, S. (2014). the Analysis of Teachers’ Lesson Plan in Implementing Theme-Based Instruction for Teaching English To Young Learners. Journal of English and Education, 2014(1), 84–95. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/192273-EN-the-analysis-of-teachers-lesson-plan-in.pdf
Uysal, N. D., & Yavuz, F. (2015). Teaching English to Very Young Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197(February), 19–22. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.042
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.