PEMBERDAYAAN USAH MIKRO MELALUI PELATIHAN PENGEMBANGAN PRODUK DAN SALURAN PEMASARAN DIGITAL

Pelatihan olahan makanan, pelatihan branding dan pengemasan, serta pelatihan pengembangan marketplace.

Penulis

  • Rudianto M Universitas Sebelas Maret
  • Rahmawati Universitas Sebelas Maret
  • Endang Dwi Amperawati Universitas Primagraha
  • Djuminah Universitas Sebelas Maret
  • Marwanti Universitas Negeri Yogyakarta
  • Sri Hartoko Universitas Sebelas Maret
  • Rita Noviani Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v8i2.10767

Abstrak

Usaha mikro di Desa Sumber merupakan usaha rumah tangga skala kecil yang dijalankan oleh masyarakat setempat. Berdasarkan eksistensi keberadaan usaha terdapat UKM yang memproduksi olahan makanan dan kain batik. Pada usaha olahan makanan permasalahan muncul berkaitan belum adanya pendampingan dan pengelolaan usaha unntuk berkembang, sehingga masyarakat melakukan usaha rumah tangga dengan skala kecil dan terbatas. Permasalahan pada usaha batik adalah lemahnya daya saing, jumlah produk batik yang dihasilkan, dan kurangnya perluasan pemasaran. Solusi yang diterapkan dalam pengabdian masyarakat ini adalah kegiatan pemberdayaan usaha mikro yang dilakukan melalui pendataan, kemitraan, kemudahan perizinan, penguatan kelembagaan dan koordinasi dengan pemangku kepentingan. Dilaksanakan kegiatan pelatihan olahan makanan, pelatihan branding dan pengemasan, serta pelatihan pengembangan marketplace.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-08-31

Cara Mengutip

M, R., Rahmawati, Dwi Amperawati, E., Djuminah, Marwanti, Hartoko, S., & Noviani, R. (2024). PEMBERDAYAAN USAH MIKRO MELALUI PELATIHAN PENGEMBANGAN PRODUK DAN SALURAN PEMASARAN DIGITAL: Pelatihan olahan makanan, pelatihan branding dan pengemasan, serta pelatihan pengembangan marketplace. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(2), 27–37. https://doi.org/10.33061/awpm.v8i2.10767