COPYWRITING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PROMOSI DIGITAL: PELATIHAN BAGI KELOMPOK SADAR WISATA DI DESA JATILUWIH, BALI
DOI:
https://doi.org/10.33061/awpm.v8i2.10675Abstrak
Pengabdian kepada masyarakat ini mengevaluasi Kelompok Sadar Wisata di Desa Jatiluwih, Tabanan-Bali, dengan fokus pada penggunaan media sosial sebagai bentuk promosi digital. Kelompok ini menggunakan Instagram dan Facebook untuk tujuan tersebut. Tantangan yang diamati meliputi bahasa promosi yang tidak efektif dan pemahaman terbatas tentang alat pemasaran pariwisata di kalangan anggota masyarakat. Pelatihan yang diberikan berupa pelatihan penulisan kreatif (copywriting) dan optimisasi SEO, yang mencakup dasar-dasar, penggunaan bahasa Inggris, bahasa persuasif, dan integrasi kecerdasan buatan (AI) untuk pembuatan konten di situs web desa dan media sosial. Pendekatan ini melibatkan observasi, wawancara, dan evaluasi. Hasilnya, masyarakat telah menunjukkan peningkatan pemahaman tentang strategi penulisan kreatif, meningkatkan upaya promosi digital mereka di akun media sosial mereka.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ni Made Verayanti Utami; Putu Desi Anggerina Hikmaharyanti, I Gusti Agung Sri Rwa Jayantini3, Ni Nyoman Deni Ariyaningsih; Gede Irwandika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.