COPYWRITING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PROMOSI DIGITAL: PELATIHAN BAGI KELOMPOK SADAR WISATA DI DESA JATILUWIH, BALI

Penulis

  • Ni Made Verayanti Utami Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Desi Anggerina Hikmaharyanti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Agung Sri Rwa Jayantini3 Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Deni Ariyaningsih Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Gede Irwandika Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v8i2.10675

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat ini mengevaluasi Kelompok Sadar Wisata di Desa Jatiluwih, Tabanan-Bali, dengan fokus pada penggunaan media sosial sebagai bentuk promosi digital. Kelompok ini menggunakan Instagram dan Facebook untuk tujuan tersebut. Tantangan yang diamati meliputi bahasa promosi yang tidak efektif dan pemahaman terbatas tentang alat pemasaran pariwisata di kalangan anggota masyarakat. Pelatihan yang diberikan berupa pelatihan penulisan kreatif (copywriting) dan optimisasi SEO, yang mencakup dasar-dasar, penggunaan bahasa Inggris, bahasa persuasif, dan integrasi kecerdasan buatan (AI) untuk pembuatan konten di situs web desa dan media sosial. Pendekatan ini melibatkan observasi, wawancara, dan evaluasi. Hasilnya, masyarakat telah menunjukkan peningkatan pemahaman tentang strategi penulisan kreatif, meningkatkan upaya promosi digital mereka di akun media sosial mereka.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-08-31

Cara Mengutip

Utami, N. M. V., Putu Desi Anggerina Hikmaharyanti, I Gusti Agung Sri Rwa Jayantini3, Ni Nyoman Deni Ariyaningsih, & Gede Irwandika. (2024). COPYWRITING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PROMOSI DIGITAL: PELATIHAN BAGI KELOMPOK SADAR WISATA DI DESA JATILUWIH, BALI. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(2), 96–105. https://doi.org/10.33061/awpm.v8i2.10675