Optimalisasi Komunikasi Antar Pribadi Dalam Pendidikan Menuju Generasi Emas Pada Guru dan Orangtua Peserta Didik di SD Kestalan Surakarta

Authors

  • Oktiana Handini Universitas Slamet Riyadi
  • Mukhlis Mustofa

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v4i1a.3872

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini berupa penyampaian paparan materi  Optimalisasi Komunikasi Antar Pribadi Dalam Pendidikan  menuju Generasi Emas Pada Guru dan Orangtua Peserta Didik di SD Kestalan Surakarta. Pengabdian kepada masyarakat dengan menghadirkan guru, kepala sekolah dan perwakilan orang tua peserta didik yang tergabung dalam komite sekolah secara bersama-sama dalam acara paparan materi dan tanya jawab interaktif hingga pada level penguasaan guru SD Kestalan Surakarta tentang Optimalisasi Komunikasi Antar Pribadi Dalam Pendidikan Menuju Generasi Emas Pada Guru dan Orangtua Peserta Didik. Dengan Optimalisasi Komunikasi Antar Pribadi Dalam Pendidikan Menuju Generasi Emas Pada Guru dan Orangtua Peserta Didik di SD Kestalan Surakarta ini dimaksudkan agar mampu menumbuhkan atensi peserta didik, interaktif, komunikatif dan suasana yang menyenangkan dalam proses pembelajaran tematik Integratif di kelas. Sehingga dengan kondisi yang nyaman dan menyenangkan ini prestasi belajar peserta didik meningkat. Dengan meningkatnya prestasi belajar peserta didik secara otomatis akan meningkat pula peringkat sekolah tersebut. Sehingga terjalin hubungan harmonis antara guru dengan peserta didik dan guru dengan orang tua peserta didik dalam hal pendidikan dan tumbuh kembang peserta didik menuju generasi emas. Pengabdian kepada masyarakat ini adalah guru-guru di SD Kestalan Surakarta, sejumlah  30 peserta yang terdiri dari  guru ,Kepala Sekolah beserta orang tua peserta didik sebagai perwakilan Komite Sekolah. Pelaksanaan pada hari Senin 15 Juli 2019 di ruang kelas SD Kestalan Surakarta dengan pola waktu pelaksanaan selama 6 jam, mulai pukul 8.00 wib hingga pukul 15.00 wib.  Luaran pengabdian kepada masyarakat ini adalah (1). Memberikan dasar ilmiah bagi guru Sekolah Dasar dalam memahami hakikat komunikasi Antar Pribadi dalam pendidikan guna mendukung kelancaran proses pembelajaran. (2). Memberikan kejelasan secara teoritis dan pemahaman yang lebih baik tentang belajar, obyek belajar serta situasi dan kondisi belajar di Sekolah Dasar.(3). Memberikan kontribusi pemikiran bagi pengelola pendidikan dalam upaya meningkatkan kompetensi profesional guru di Sekolah Dasar melalui komunikasi antar pribadi dalam pendidikan. (4). Menjalin hubungan komunikasi antara guru dari pihak sekol;ah dan orangtua peserta didik di  Sekolah Dasar agar terbentuk komunikasi integratif dalam pendidikan. Selanjutnya hasil pengabdian kepada masyarakat ini dipresentasikan dalam Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyrakat dan dipublikasikan dalam jurnal pengabdian masyarakat terakreditasi dan ber ISSN.

 

 

 Kata Kunci :   Komunikasi Antar Pribadi    

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damanik, Irvando. " Kepala Daerah Kena OTT Masih Bergaya, Masihkah Ada Budaya Malu?". Kompasiana. 6th Juni 2018.

Huda, Nurul. " Kurikulum Pendidikan Hukum Pasca Revolusi 4.0, Keniscayaan sebagai Pilihan!". Speech. Seminar Nasional Unikal 2018 Job Outlook Mencari atribut Ideal Lulusan Perguruan Tinggi. Faculty of Law Universitas Pekalongan. Pekalongan. November 11th, 2018.

Putra, Nanda Perdana. March 22th. 2010. "BNN Ungkap Selundupan 10 Kg Sabu Jaringan Malaysia di Batam". Available on website: http://news.liputan6.com/read/3031865 bnn-ungkap-selundupan-10-kg-sabu-jaringan-malaysia-di-batam. Accessed on December 13th, 2010.

Saefudin, Yusuf, et. al. "Urgency of Integrated Assessment on Drugs Crime (A Study in Purbalingga Regency)". Jurnal Dinamika Hukum. Vol. 17 No. 1. January 2017. Pp. 40-52. DOI: 10.20884/1.jdh.2017.17.1.818

Raharjo, Agus. 2017. Cyber Space. Yogyakarta: Genta Publishing.

Downloads

Published

2020-08-01

How to Cite

Handini, O., & Mustofa, M. (2020). Optimalisasi Komunikasi Antar Pribadi Dalam Pendidikan Menuju Generasi Emas Pada Guru dan Orangtua Peserta Didik di SD Kestalan Surakarta. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1a), 87–94. https://doi.org/10.33061/awpm.v4i1a.3872