PENGARUH MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR CAMAT SANGGAR KABUPATEN BIMA

Authors

  • muamar kadafid sekolah tinggi ilmu ekonomi bima
  • KARTIN APRIANTI sekolah tinggi ilmu ekonomi bima
  • KARTIN APRIANTI sekolah tinggi ilmu ekonomi bima

Keywords:

manajemen SDM, Budaya organisasi, kualitas pelayanan

Abstract

Jenis penelitian adalah Asosiatif yaitu penellitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen sumber daya manusia dan budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Kuisioner yang berisi sejumlah pertanyaan dengan pengukuran skala likert. Populasi yang digunakan yaitu Seluruh pegawai pada kantor Camat Sanggar Kabupaten Bima adalah sebanyak 34 orang. Sampel penelitian adalah seluruh pegawai pada Camat Sanggar Kabupaten Bima sebanyak 34 orang. Teknik sampling yang digunakan sampel jenuh yaitu keseluruhan populasi dijadikan sampel. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa manajemen sumber daya manusia dan budaya organisasi secara simultan berpengaruh terhadap terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Camat Sanggar kabupaten Bima. Besarnya pengaruh manajemen sumber daya manusia dan budaya organisasi mempengaruhi kualitas pelayanan adalah sebesar 11,9 %. Namun, manajemen sumber daya manusia dan budaya organisasi secara Parsial tidak berpengaruh terhadap terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Camat Sanggar kabupaten Bima.

References

Amhas, Muhammad. 2018. Pengaruh Sumber Daya Manusia, Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kantor Sistem Administrasi Manugal Satu Atap (SAMSAT) Makassar 01 Selatan. Jurnal Mirai Manajemen. 3 (1).

Dahlia, Hasim, Djamil & Hamdan. (2017) manajemen sumber daya manusia dan budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan pada Kantor kecamatan Tamalete Makassar. jurnal Administrate. 4(2):69-75

Herawati, Putri. (2018). Pengaruh Sumber Daya Manusia Terhdap Kualitas Pelayanan Di Kantor Pemerintahan Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto. Jurnal Manajemen 6(4).

Husain A. S, Nawawi J, Dan Yunus R. (2011) Analisis Manajemen Sumber Daya Aparatur Di Sekretariat Kabupaten Jeneponto. Government: Jurnal Ilmu Pemerintahan Volume 4, Nomor 2, Juli 2011 (53-60).

Jamaludin, J., Salam, R., Yunus, H., & Akib, H. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Ad’ministrare, 4(1), 25-34.

Jalalduin, Ahmad. (2013). Pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Peleyanan Kepegawaian Di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tanggerang. Ekuitas 4(3).

Maharani, Devi. (2018). Pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Cikijung Kabupaten Majalengka. Universitas Majalengka.

Nurwahidah, Alam.Syamsu, Amiruddin. 2019. Pengaruh Etika Pelayanan Islami Dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Wajib Pajak Pada Kantor Unit Pelaksana Teknis Pendapatan Samsat Wajo. Jurnal Ilmu ekonomi. 2(4)

Radiany, Rahmady. (2013). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pada PTS Dikalimantan Selatan. Jurnal Ekuitas. 4(3)

Ruffiah dan Muhsin. 2018. Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Pemanfaatan Teknologi, Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpina Transformasional Terhadap Kualitas Pelayanan. EconomixEducation Analysis Journal. 7(3)

PlumX Metrics

Published

2021-07-01

How to Cite

kadafid, muamar, APRIANTI, K., & APRIANTI, K. (2021). PENGARUH MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR CAMAT SANGGAR KABUPATEN BIMA. JURNAL MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA, 15(1). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/5626

Issue

Section

Artikel