ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA TENAGA PENGAJAR MELALUI MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survei pada Tenaga Pengajar Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta)

Authors

  • Windi Noviandi Universitas Slamet Riyadi
  • Sutarno Universitas Slamet Riyadi
  • Sunarso Universitas Slamet Riyadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan dan kepuasan
kerja terhadap kinerja tenaga pengajar melalui motivasi kerja di Fakultas Ekonomi
Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi dan studi
pustaka. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 58 orang tenaga pengajar dengan teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling yaitu sampel jenuh.
Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Partial least Squad
(PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan dan kepuasan kerja
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga pengajar. Motivasi kerja
tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga pengajar. Gaya
kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja. Kepuasan
kerja tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap motivasi kerja. Gaya
kepemimpinan dan kepuasan kerja tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kinerja tenaga pengajar melalui motivasi kerja Fakultas Ekonomi Universitas Slamet
Riyadi Surakarta.
Kata kunci: gaya kepemimpinan, kepuasan kerja, motivasi kerja, kinerja

Published

2024-10-10

How to Cite

Windi Noviandi, Sutarno, & Sunarso. (2024). ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA TENAGA PENGAJAR MELALUI MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survei pada Tenaga Pengajar Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta). JAMASADA: JOURNAL OF HUMAN RESOURCE MANAGEMENT, 17(1), 23–34. Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/11631