MINAT BELI KOSMETIK HALAL BAGI KONSUMEN WANITA NON MUSLIM: PERAN MODERASI MEDIA SOSIAL

Authors

  • Muthmainah Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Muhammad Cholil

Abstract

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi, pola pikir dalam dunia bisnis telah mengalami perubahan penting, antara lain bahwa sasaran segmen pasar kosmetik halal bersifat universal diera global ini. Inilah alasan meneliti minat beli kosmetik halal bagi pelanggan wanita non muslim dengan mengambil sampel sebanyak 208 responden yang diambil secara online survey. Sikap dengan responden pelanggan non muslim juga semakin rasional bahwa masalah kosmetik halal tidak semata mata bersifat relijiusitas eksklusif. Ada pertimbangan bahwa kosmetik halal yang terutama menghindari penggunaan zat zat bahan bahan alkoholik dan minyak babi tidak menjadi masalah jika ada kompensasi nilai tambah higenitas dan rasa aman karena ketatnya pengendalian kualitas dan keunggulan pelayanan bagi kepentingan pelanggan. Kosmetik halal merupakan inovasi untuk semua produk karena jauh lebih higienis dan aman untuk digunakan. Dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS untuk menguji hipotesis pengaruh langsung dan moderasi dalam model. penelitian ini menghasilkan temuan bahwa selain relijuisitas, sikap, kelompok referensi, dan media sosial berpengaruh posistif pada minat beli. Namun keterpengaruhan itu tidak diperkuat oleh media sosial. Temuan hasil penelitian ini diharapkan akan menginspirasi dan menjadi arah dinamika aktivitas penelitian terkait dimasa mendatang.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-01-30