PENGUATAN INOVASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada UKM Mebel di Soloraya)

Authors

  • Sari Puspitasari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta
  • Rochmi Widayanti Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta
  • Rochmi Widayanti Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta
  • Ratna Damayanti Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta
  • Ratna Damayanti Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33061/jeku.v19i3.4515

Keywords:

UKM, market orientation, innovation, marketing strategy, company performance.

Abstract

The aim of the study was to determine the influence of market orientation innovation, and the partial and simultaneous marketing strategies on the performance of furniture companies in Soloraya. This research was conducted on UKM furniture at Soloraya. The type of data used is quantitative data. The data source used is primary data. The data collection techniques in this study used questionnaires. Data analysis techniques using multiple linear analyses. The results of this study showed a partial market-oriented significant value of 0.001 < 0.05 then the market orientation was significant to influence the company's performance. A significant value of innovation 0.004 < 0.05 The innovation affects the company's performance, and a marketing strategy variable with a significant rate of 0.000 < 0.05 means that the marketing strategy variable significantly affects the company's performance Furniture at Soloraya. We recommend that UKM furniture in Soloraya more create a new design to improve product competitiveness and product uniqueness in accordance with the wishes of consumers.

References

Atkinson, Anthony A. Kaplan Robert S. Matsumura Ella Mae, dan Young S. Mark. 2012. Akuntansi Manajemen, Edisi Kelima Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Bakti, Sukma. Harniza Harun. 2011. Pengaruh Orientasi Pasar dan Nilai Pelanggan terhadap Kinerja Pemasaran Maskapai Penerbangan Lion Air. Jurnal Manajemen Pemasaran Modern, 3 (1): 1-15.

Istanto, Yuni. 2010. Pengaruh Strategi Keunggulan Bersaing dan Positioning terhadap Kinerja (Survey pada Koperasi Serba Usaha di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Buletin Ekonomi, 8 (2): 124-135.

Mustikowati, Rita Indah. Irma Tysari. Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, dan Strategi Bisnis untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi pada UKM Sentra Kabupaten Malang). 2014. Modernisasi, 10 (1): 23-37.

Sari, Novita. Prima Andreas.S. Marnis. Samsir. 2014. Pengaruh Manajemen Pengetahuan, Pembelajaran Organisasional, dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Perusahaan untuk Mencapai Keunggulan Bersaing (Studi pada Grand Zuri Group Hotel di Pekanbaru.

Jurnal Ekonomi, 22 (3): 88-106. Setiawan, Heri. 2012. Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Teknologi dan Inovasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Songket Skala Kecil di Kota Palembang. Jurnal Fokus Bisnis, 12 (2): 20-32.

Silviasih. Franky Slamet. Denny Iskandar. 2016. Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Usaha pada Pemilik UKM Sektor Manufaktur Garmen di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 16 (1): 13-24.

Sugiyono. 2015. Statistik Nonparametris untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukaryawan, I Made. 2013. Pengaruh Orientasi Pasar, Kewirausahaan, dan Inovasi terhadap Kinerja Bisnis pada Perusahaan Aspal-Beton (Hotmix) di Jabodetabek. Jurnal MIX, III

(2): 231-246.

Utaminingsih, Adijati. 2016. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, dan Kreativitas Strategi pemasaran terhadap Kinerja pada UKM Kerajinan Rotan di Desa Teluk Wetan, Welehan, Jepara. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31 (2): 77-87.

Wulan, Diah Ayu. Aswanti Setyawati. 2018. Strategi Pemasaran Perusahaan Logistik. Jurnal Manajemen Transportasi& Logistik, 5 (2): 95-104.

Wulandari, Agesti. 2012. Pengaruh Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing dan Inovasi roduk terhadap Kinerja Pemasaran. Management Analysis Journal, 1 (2): 19-21.

Downloads

Published

2020-10-25