NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEGIATAN GALANG PERSAHABATAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Fitrotul Chasanah Universitas PGRI Semarang
  • Iin Purnamasari Universitas PGRI Semarang
  • Rahmat Rais Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33061/js.v4i1.5281

Keywords:

value of character education, friendship building

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan Galang Persahabatan, menemukan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kegiatan Galang Persahabatan dan mendiskripsikan pola pendidikan karakter dalam kegiatan Galang Persahabatan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang dilakukan di Sekolah Dasar Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kegiatan Galang Persahabatan di Kecamatan Gaayamsari dilakukan sebagai upaya menumbuhkan karakter anak untuk menghindari adanya kenakalan dan tindakan kekerasan sesama anak. 2) nilai-nilai pendidikan karakter yang ditemukan dalam kegiatan Galang Persahabatan antara lain: religius, disiplin, jujur, kreatif, kerja keras/gotong royong, cinta tanah air, cinta damai, tanggung jawab dan bersahabat/berkomunikasi. 3) pola pendidikan karakter dalam Galang Persahabatan melalui olahraga, seni, cerdas cermat, pengetahuan umum dan pengetahuan agama.

References

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Hasanah, Uswatun dan Santoso. 2016. “Penanganan Kekerasan Anak Berbasis Masyarakat”. Jurnal. Padjadjaran: FISIP Universitas Padjadjaran. Vol. 6 No. 1.

Kusdaryani, Wiwik. dkk. 2016. “Penguatan Kultur Sekolah Mewujudkan Pendidikan Ramah Anak”. Jurnal. Semarang: Universitas PGRI Semarang. No 1. Februari 2016.

------------------------ 2020. “Tawuran Antar Pelajar SD Pecah, Masing-Masing Bersenjata Celurit dan Gir”. https://regional.kompas.com/read/2020/02/27/21413251/tawuran-antar-pelajar-sd-pecah-masing-masing-bersenjatakan-celurit-dan-gir?page=all. Berita. Diakses 12 Juni 2020.

Oktapiani, Rentika. 2016. “Hubungan Tingkat Pemahaman Konsep Persatuan dan Kesatuan Terhadap Sikap Solidaritas Siswa SMK 2 Mei Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016”. Skripsi. Lampung: Universitas Lampung.

Soegeng, A. Y. 2015. Etika Pancasila: Nilai-Nilai Pembentuk Karakter. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, Bagong. 2019. Sosiologi Anak. Jakarta: Kencana.

PlumX Metrics

Published

2023-04-01