EDUCATE CHILDREN TOWARDS SOCIAL ATTITUDE

Authors

  • Daviq Chairilsyah Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.33061/jai.v4i2.3332

Keywords:

Educate, Children, Social Attitude.

Abstract

Not all children are able to show social behavior as expected and not all children are able to interact with their groups well. There are children who show defiance, want to win themselves; do not want to share with other friends, cunning, irritable and so on. To help reduce the inability of children to behave well socially, and help prepare children to enter a wider social environment, social guidance is needed. Guidance provided by parents and family at home as the first and foremost teacher for children. This article is aimed to give parents a description of social behavior, factors that influence social development, patterns of children social behavior, aspects of social maturity in children as well as tips for parents to raise their children in a social life. This article used a literature review method.  It is hoped that children will be able to work together, respect each other, not interfere with the rights of others and be tolerant in future social life. This article to provide an understanding of the importance of developing social life towards early childhood development in order to make early childhood a social soul person both at home and at school.

Abstrak

Tidak semua anak mampu menunjukkan perilaku sosial seperti yang diharapkan, dan tidak semua anak mampu berinteraksi dengan kelompoknya secara baik. Ada anak yang menunjukkan sikap membangkang, ingin menang sendiri, tidak mau berbagi dengan teman lain, licik, cepat marah dan sebagainya. Untuk membantu mengurangi ketidakmampuan anak berperilaku sosial yang baik, dan membantu menyiapkan anak memasuki lingkungan pergaulan yang lebih luas, dibutuhkan bimbingan sosial. Bimbingan diberikan oleh orang tua dan keluarga di rumah sebagai guru pertama dan paling utama bagi anak. Artikel ini mencoba memberikan gambaran kepada orang tua mengenai definisi perilaku sosial, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial, pola perilaku sosial anak, aspek-aspek kematangan sosial pada anak serta tips bagi orang tua untuk membuat anaknya menjadi memiliki jiwa sosial. Artikel ini menggunakan metode kajian literatur. Kajian literatur ini mengangkat mengenai topik permasalahan mengembangkan jiwa sosial pada anak usia dini. Diharapkan anak akan mampu bekerjasama, saling menghormati, tidak mengganggu hak orang lain dan toleran dalam hidup bermasyarakat kelak. Artikel ini bermanfaat memberikan pemahaman pentingnya mengembangkan jiwa sosial terhadap perkembangan anak usia dini agar membuat anak usia dini menjadi pribadi yang berjiwa sosial baik di rumah dan di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadillah, M., Khorida, L.M. 2014. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Fathurrohman, P., Suryana, A.A., Fatriany, F. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hasan, M. 2012. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Jogjakarta: Diva Press.

Helmawati. 2015. Mengenal dan Memahami AUD. Bandung: PT Rosdakarya Offset.

Jaipul, dkk. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini dalam berbagai Pendekatan. Jakarta: Prenadanamedia Group.

Koesoema, D. 2010. Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.

Latif, M., dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Marliany, R. 2014. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Mulyani, N. 2016. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimedia.

Muslich, M. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Pidarta, M. 2013. Landasan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Prabaningrum, D.W. 2013. Menyiapkan Anak Untuk Sukses di Sekolah dan Kehidupan. Jakarta: PT. Indeks.

Rakhman, A. 2015. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Pendekatan Antarpersonal (A Relationship-Based Approach). Jakarta: Prenadamedia Group.

Rustini. 2012. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Cakrawala Dini, Vol. 3 No. 1, 2012.

Silahudin. 2017. Urgensi Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini. Jurnal UIN Ar-Raniry, Vol. 3 No. 2, 2017, 18-41.

Sudarna. 2014. Pendidikan Anak Usia Dini Berkarakter. Yogyakarta: Genius Publisher.

Sudaryanti. 2012. Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 1 No. 1, 2012.

Sujiono, N.Y. 2005. Mencerdaskan Anak Usia Dini. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sujiono, N.Y. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Hak Cipta Bahasa Indonesia.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Bumi Aksara.

Suwartini, S. 2018. Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Soft Skill Pada Siswa SD Kelas II. Jurnal Educhild, Vol. 7 No. 2, 2018, 102-106.

Suyadi. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Wibowo, A. 2012. Pendidikan Karakter Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari, R. 2015. Peranan Orang Tua Dalam Mendidik Anak. Jurnal Penabiblos Edisi ke-16, 2015, ISSn: 2086-6097.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-12-31

How to Cite

Chairilsyah, D. (2019). EDUCATE CHILDREN TOWARDS SOCIAL ATTITUDE. JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 4(2), 79–86. https://doi.org/10.33061/jai.v4i2.3332