EDUPARENT BAGI ORANG TUA SISWA TK DHARMA WANITA SULUK DLOPO KABUPATEN MADIUN

Authors

  • M. Fadlillah, Betty Yulia Wulansari Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.33061/ad.v3i2.2730

Keywords:

eduparent, parents, independence, early childhood.

Abstract

Tujuan utama kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pendidikan keorangtuaan kepada orang tua siswa di TK Dharma Wanita Suluk Dlopo Kabupaten Madiun. Metode pengabdian dilakukan dengan mengadakan sosialisasi melalu seminar eduparent (pendidikan keorangtuaan). Tema eduparent dalam kegiatan pengabdian ini yaitu melatih kemandirian anak usia dini. Sasaran pengabdian ini adalah orang tua siswa di TK Dharma Wanita Suluk Dlopo Kabupaten Madiun. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah orang tua siswa mampu mengetahui dan memahami perannya dalam mengasuh dan memperlakukan anak, khususnya dalam melatih kemandirian anak usia dini. Orang tua siswa sangat antusias mengikuti kegiata dari awal sampai selesai, sehingga mereka mendapatkan wawasan dalam melatih kemandirian anak usia dini sesuai dengan tahap perkembangannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Brooks, J. (2011). The Process of Parenting: Edisi Kedelapan. (Terjemahan Rahmat Fajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Edisi asli diterbitkan tahun 2011 oleh McGraw-Hill, on Imprint of The McGraw-Hill, Inc, New York).

Kementerian Kesehatan RI. (2016). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak.

Lestari, S. (2014). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penangan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Kencana.

Morrison, G. S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Edisi Kelima. (Penerjemah Suci Romadhona dan Apri Widiastuti). Jakarta: Indeks. (Edisi asli diterbitkan tahun 2008 oleh Pearson Education, Inc).

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

.

PlumX Metrics

Published

2018-12-13

How to Cite

Betty Yulia Wulansari, M. F. (2018). EDUPARENT BAGI ORANG TUA SISWA TK DHARMA WANITA SULUK DLOPO KABUPATEN MADIUN. JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 3(2), 86–90. https://doi.org/10.33061/ad.v3i2.2730