ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF PEMECAHAN MASALAH ANAK DALAM BERMAIN BALOK

Authors

  • Farida Nur Utami, Ratna Wahyu Pusari Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33061/ad.v3i2.2729

Keywords:

Cognitive, Problem Solving, Playing Beams

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini adalah upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rancangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Mengenai perkembangan kognitif, anak pada rentang usia ini masuk dalam perkembangan berpikir praoperasional konkret. Pada saat ini sifat egosentris anak semakin nyata. Anak mulai memiliki perspektif yang berbeda degan orang lain yang berada di sekitarnya. Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang penting untuk dikembangkan pada anak usia dini. Pemecahan masalah sebagai suatu proses banyak langkah dengan si pemecah masalah harus menemukan hubungan antara pengalaman (skema) masa lalunya dengan masalah yang sekarang dihadapinya dan kemudian bertindak untuk menjelaskan. Fokus dalam penelitian ini adalah analisis perkembangan kognitif pemecahan masalah anak dalam bermain balok dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kognitif pemecahan masalah anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti kondisi obyek yang bersifat alamiah. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, seleksi data, menyajikan dan penerikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan ada beberapa tahapan dalam memecahkan masalah yang harus diselesaikan anak dalam bermain balok, yaitu membaca dan berfikir, mengeksplorasi dan merencanakan, memilih strategi, mencari jawaban, refleksi dan mengembangkan. Saran yang peneliti berikan kepada guru adalah memberikan kesempatan kepada anak untuk menyelesaikan masalahnya terlebih dahulu tanpa harus memberi bantuan dan juga saran untuk sekolah yakni memberikan ruang yang cukup luas saat anak bermain membangun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andhika, W.D. 2016. Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Dalam Bertanggung Jawab Melalui Bermain Balok Pada Kelompok Bermain. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 18-25. Https://Journal.Unesa.ac.id/Index.Php/Jt/Articel/View/653/532 (30 Mei 2017).

Anggo, Mustamin. 2011. Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa. Edumatica Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2). online-journal.unja.ac.id (5 Mei 2017).

Aryadnyanyi, G.A.R. Pudjawan, K. Raga, G. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Berbantuan Media Balok untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok B Semester 1 di Paud Kuncup Mekar Skb Bandung. Jurnal Anak Usia Dini, 2(1). Http://ejournal.undiksha.ac.id/index/php/JJPAUD/article/viewfile/3124/2593 (10 Januari 2017).

Gunarti, W. dkk. 2008. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Isa, A & Arifin, IN. 2014. Analisis Perkembangan Kognitif Pada Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Ki Hajar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Fakultas Ilmu Pendidikan 2(1)

Istiarini, R. 2014. Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Bermain Balok. Jurnal Pendidika Usia Dini, 8(1). http://pps.unj.ac.id/journal/ipud/article (8 Mei 2017).

Latif, Mukhtar. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya

Montolalu. 2005. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Morrison, S. George. 2016. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: PT. Indeks.

Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Rahman, Hibana S. 2002. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.

Santrock, John W. 2002. Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga

Semiawan, Conny R. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks

Solso, L. Robert, Otto H. Maclin dan M. Kimberly Machlin. 2007. Psikologi Kognitif Edisi Ke Delapan. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharnan. 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi

Sujiono, Yuliani Nurani. 2004. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka

Suyanto, S. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tedjasaputra, S. Mayke. 2001. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Grasindo.

PlumX Metrics

Published

2018-12-13

How to Cite

Ratna Wahyu Pusari, F. N. U. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF PEMECAHAN MASALAH ANAK DALAM BERMAIN BALOK. JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 3(2), 70–79. https://doi.org/10.33061/ad.v3i2.2729