PENGARUH MEDIA TUTUP BOTOL BEKAS MINUMAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBILANG

Authors

  • Ahmad Afandi IKIP PGRI Jember

DOI:

https://doi.org/10.33061/ad.v3i2.2728

Keywords:

Media Bottle Caps Used, Ability to Spell

Abstract

Penelitian ini di laksanakan dengan tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh media tutup botol bekas minuman terhadap kemampuan membilang pada anak kelompok A di TK Tunas Cita Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini dikategorikan dengan penelitian korelasi kausalitas, yaitu penelitian tentang sebab akibat. Uji untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh menggunakan rumusan statistik korelasi yaitu chi-kuadrat. Berdasarkan dari analisis data dan pengujian hipotesis diketahui bahwa nilai X2 hitung = 8,231. Sedangkan X2 tabel = 3,841 karena X2 hitung lebih besar dari tabel, maka ada pengaruh. Dengan demikian hipotesis nihil yang diajukan ditolak, dan sebaiknya hipotesis kerja diterima yang berarti ada Pengaruh Media Tutup Botol Bekas Minuman Terhadap Kemampuan Membilang Anak Kelompok A di TK Tunas Cita Sidoarjo. Kemudian dilanjutkan dengan analisis Koefisien Kontingensi yang di peroleh nilai KK = 0,464. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang sedang antara media tutup botol bekas terhadap kemampuan membilang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ahmad Afandi, IKIP PGRI Jember

Jl. Sumbermalang No. 9,6. Besuki. Situbondo, 

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Carol Seefel dt dan Barbara A. Wasik. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. INDEKS.

Coupley, JV. 2001. The Young Child and Mathematics. Washingthon DC: National for The Children the Education of Young Children.

Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Eliyati, Cucu. 2005. Pemilihan dan Pegembangan Sumber Belajar untuk anak usia dini. Jakarta: Depdiknas.

Fauziddin, M. 2015. Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Jam Pintar Di Taman Kanak-Kanak Pembina Kec. Bangkinang Kota. Jurnal PAUD Tambusai. Vol 1 No 1. Halaman 49-54. STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai Riau.

Hasiana, Isabella dan Wirastania, Aniek. 2017. Pengaruh Musik Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Kelompok A di TK Lintang Surabaya. Jurnal Obsesi. Vol 1 No 2. Halaman 51-58. Universitas Pahlawan.

Mahnun, Nunu. 2012. Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam. Vol 37 No 1. Halaman 27-33. UIN Suska Riau.

Musfiroh, Tadkirotun. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Depdiknas.

Sugiono. 2011. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

PlumX Metrics

Published

2018-12-13

How to Cite

Afandi, A. (2018). PENGARUH MEDIA TUTUP BOTOL BEKAS MINUMAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBILANG. JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 3(2), 80–85. https://doi.org/10.33061/ad.v3i2.2728