PEMBENTUKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA ANAK USIA TK

Authors

  • Ashar arif paggama Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33061/jai.v4i1.2638

Keywords:

Bentuk karakter, permainan kearifan local

Abstract

Tujuan penelitian ini membentuk karakter pada anak usia TK dengan melalui kegiatan berbasis permainan kearifan lokal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan membentuk karakter anak didik di TK membutuhkan proses dan kerjasama antara pendidik dan keluarga, untuk itulah pendidik di sekolah membangun komunikasi efektif dengan keluarga anak didik yang memiliki peran yang sangat besar untuk membentuk karakter anak. Anak didik di TK dengan konsep bermain sambil belajar, sehingga upaya-upaya membentuk karakter yang dilakukan dengan bermain. Bermain kearifan lokal membentuk karakter anak usia TK dengan melalui permainan tumbu-tumbu lai’ya, maggulaceng, mabbelle, mammini, kaje-kaje capeng kaluku, manggunrecce, dan ular naga. Bentuk karakter anak didik di TK diataranya Kecintaan terhadap Tuhan YME, kejujuran, disiplin, toleransi dan cinta damai, percaya diri, mandiri, tolong menolong, kerjasama, dan gotong royong, hormat dan sopan santun, tanggungjawab, kerjakeras.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Direktorat Pembinaan Pendidikan AnaUsia Dini. (2012). Pedoman Pendidikan Karakter pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta

Hasan, Said, Hamid. 2010. “Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa”, Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai- nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Puskur Balitbang Kemendiknas.

Hidayatullah, Furqan. 2010. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Muchlas dkk. 2011. Pendidikan Karakter Konsep Dan Model. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Nuraeni. 2014. Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Paedagogy Volume 1 Nomor 2 Edisi Oktober 2014 Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Nuryanto, S., & Izzaty, R. E. (2016). Peranan dongeng dalam pendidikan karakter pada taman kanak-kanak Lazuardi Kamila di Surakarta. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 75-84.

Nuryanto, S. (2017). Peningkatan Nilai-Nilai Karakter Dengan Metode Mendongeng CAS CIS CUS Di BA Aisyiyah Kaponan 2 Ponorogo. Journal of Nonformal Education, 3(1), 11-20.

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015. Penumbuhan Budi pekerti

Prasetyo, Nana. 2011. Membangun Karakter Anak Usia Dini: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional.

Rahyono. 2009. Kearifan Budaya Dalam Kata. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Sipa, S., & Miranda, D. UPAYA GURU MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI BAGI ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(06).

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sutarno. 2008. Pendidikan Multikultural. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Tafsir, Ahmad. 2007. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Rosdakarya.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasi Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

PlumX Metrics

Published

2019-06-28

How to Cite

paggama, A. arif. (2019). PEMBENTUKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA ANAK USIA TK. JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.33061/jai.v4i1.2638