UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI METODE PROYEK PADA ANAK

Authors

  • - Partini

DOI:

https://doi.org/10.33061/ad.v1i2.1480

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama melalui metode proyek pada anak kelompok B di TK Sambirejo Jumantono tahun pelajaran 2015/2016. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek peneliti ini adalah anak kelompok B TK Sambirejo I Jumantono berjumlah 20 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data yang dikumpulkan berupa kemampuan kerjasama anak dan proses penerapan metode proyek dalam pembelajaran. Pengumpulan data melalui metode observasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang membandingkan hasil amatan dari kondisi prasiklus sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kerjasama anak melalui penerapan metode proyek mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dibuktikan bahwa terjadi peningkatan rata-rata prosentase pencapaian dari siklus I sampai dengan siklus III. Kemampuan kerjasama anak meningkat dari prasiklus 47% menjadi 62,87% pada siklus I, Siklus II menjadi 72,5% dan siklus III menjadi 81,87%. Dengan demikian dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode proyek dapat meningkatkan kemampuan kerjasama anak.
Kata Kunci : metode proyek, kemampuan kerjasama.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2017-02-17

How to Cite

Partini, .-. (2017). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI METODE PROYEK PADA ANAK. JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 1(2), 96–103. https://doi.org/10.33061/ad.v1i2.1480