MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELAUI KEGIATAN MEMBILANG DENGAN METODE BERMAIN MEDIA KARTU ANGKA

Authors

  • Moh Fauziddin

DOI:

https://doi.org/10.33061/ad.v1i2.1475

Abstract

Permasalahan pada penelitian adalah masih rendahnya kemampuan kognitif anak usia dini. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif anak dengan kegiatan membilang di Taman Kanak-Kanak (TK) Alam 123 Pekanbaru. Menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Siklus pertama dilaksanakan sebanyak 2 pertemuan. Masing-masing siklus berisi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisi deskriptif kuantitatif. Hasil tes awal, kemampuan kognitif anak tergolong rendah dengan persentase sebesar 46%. Kemampuan kognitif anak mengalami peningkatan setelah melakukan kegiatan membilang dengan metode bermain media kartu angka. Pada siklus 1 mendapatkan persentase 58 % belum maksimal dengan kategori sedang dan pada siklus 2 mendapatkan persentase sebesar 80% dengan kategori sangat tinggi dan di anggap sudah maksimal.
Kata kunci: Kemanpuan kognitif, Kegiatan membilang, Metode bermain kartu angka

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2017-02-17

How to Cite

Fauziddin, M. (2017). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELAUI KEGIATAN MEMBILANG DENGAN METODE BERMAIN MEDIA KARTU ANGKA. JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 1(2), 60–70. https://doi.org/10.33061/ad.v1i2.1475